Serigala Pemburu Rusa: Norwegian Air

    Ryanair memutuskan untuk membatalkan ratusan penerbangan. Semua orang di Eropa membicarakan ini. Sebanyak 315.000 orang yang sudah memesan tiket terkena dampak. Mereka marah, frustasi, kesal. Bisa jadi karena liburannya jadi kacau atau perjalanan bisnis gagal gara-gara kesulitan mencari tiket pengganti.

    Tetapi, ada kesempatan dibalik kesempitan. Dalam kasus ini, musibah yang menimpa Ryanair siap dijadikan berkah oleh maskapai Norwegian.

    Norwegian adalah maskapai bertiket murah asal Norwegia. Terkenal karena menjual tiket perjalanan jarak jauh dengan harga sangat miring. Ini adalah operator penerbangan murah nomer tiga di Eropa dalam skala bisnis, setelah Ryanair dan Easyjet.

    Nah, ternyata Norwegian ini tidak hanya berani bersaing dalam soal tiket dengan Ryanair. Diam-diam, selama setahun terakhir, maskapai ini sudah berhasil membajak hingga 140 pilot Ryanair. Sejumlah analis bahkan mengatakan, pembajakan ini turut andil dalam musibah yang menimpa Ryanair beberapa minggu terakhir ini.

    Norwegian juga bukan tidak mungkin akan menjadi pilihan alternatif bagi penumpang Ryanair. Sejauh mereka bisa mempersiapkan pesawat dan awak tambahan, sepertinya penumpang Eropa tidak punya banyak pilihan belakangan ini.

    Norwegian yang sebelumnya dikenal sebagai Norwegian Air Shuttle mulai menjalankan layanan regional antara kota-kota di pantai barat Norwegia pada awal berdiri. Pada 2002 mereka mulai beroperasi pertama kali ke rute tujuan Inggris, yaitu dari kota Stavanger ke Newcastle.

    Lima tahun kemudian, Norwegian menambah operasi di Warsawa dan Bergen. Memiliki 42 pesawat Boeing 737 baru, maskapai ini tumbuh dan berkembang dan memulai rute antarbenua pada 2009. Maskapai ini sejak 2013 berbasis di London Gatwick, dan sekarang terbang ke sejumlah kota di AS, Singapura dan Buenos Aires.

    Meskipun terkenal dengan layanan jarak jauh, Norwegian juga melayani sejumlah tujuan jarak pendek yang populer. Rute pendek ini kemungkinan besar akan menjadi pilihan pertama bagi penumpang Easyjet dan Ryanair. Saat ini diantara tujuan yang populer adalah sejumlah bandara Spanyol, termasuk Alicante, Majorca dan Ibiza.

    Jadi, melihat musibah besar yang menimpa Ryanair, nampaknya Norwegian sedang mencari celah untuk mencakar pemain utama itu. Seperti serigala yang mengendap-endap memburu rusa yang tertatih.