Iran Bersiap Borong 160 Pesawat Eropa

    Iran Bersiap Borong 160 Pesawat Eropa
    Iran Bersiap Borong 160 Pesawat Eropa

    Usai bebas sanksi ekonomi dari Eropa, Iran langsung sibuk belanja. Negeri para mullah itu meluncurkan sebuah daftar belanja yang di dalamnya disebut akan membeli 160 pesawat Eropa, termasuk delapan pesawat ukuran super jumbo.

    Teheran tampaknya bertekad membangun kerajaan bisnisnya di kawasan Teluk. Menteri Transportasi Iran, Abbas Akhoundi mengatakan keluarnya Iran dari isolasi akan mengembalikan keseimbangan di kawasan tersebut sekaligus mendorong negara asing berinvestasi.

    “Saya bergandeng tangan dengan kalian dalam persahabatan,” katanya kepada audiens dari 300 usaha penerbangan, pemasok, pemodal, dan bankir di sebuah konferensi penerbangan di Teheran, Minggu (24/1/16) seperti dikutip Reuters.

    Arkhoundi mengumumkan pihaknya akan menandatangani kontrak pembelian 114 pesawat Airbus selama perjalanan Rouhani di Eropa. “Kami harus memodernisasi armada udara dan juga membeli lokomotif,” ujar sang presiden.

    “Perjalanan ini dilakukan dalam momen historis dan kita harus memanfaatkan atmosfer yang baik pascakesepakatan nuklir untuk menggenjot pertumbuhan, pembangunan dan prespektif kerja buat kaum muda,” imbuh Rouhani dilansir dw.com, Senin (25/1/2016).

    Awal Januari silam Iran memenuhi komitmennya dalam kesepakatan nuklir dengan mengirimkan cadangan uranium yang telah diperkaya ke Rusia.

    esuai perjanjian, Eropa dan Amerika Serikat mencabut sanksi ekonomi dan membuka akses pemerintah di Teheran terhadap cadangan devisa di luar negeri sebesar lebih dari US$100 miliar.

    https://twitter.com/oxfordanalytica/status/690844134597382146/photo/1?ref_src=twsrc%5Etfw

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.