Lagi, American Airlines Mendarat Darurat karena Penyakit Misterius

Lagi American Airlines Mendarat Darurat karena Penyakit Misterius
Lagi American Airlines Mendarat Darurat karena Penyakit Misterius

Untuk kedua kalinya, American Airlines terpaksa mendarat darurat setelah penumpang dan kru pesawat mengeluh sakit.

Penerbangan 904 yang lepas landas dari Rio Rio de Janeiro Brasil menuju Miami sekitar pukul 23.00 waktu setempat, Kamis (28/1/2016), terpaksa dialihkan ke Brasilia setelah empat orang, termasuk tiga staff maskapai di pesawat, mengeluh sakit kepala. Bahkan satu penumpang pesawat itu mengaku melihat satu orang pingsan lantaran penyakit misterius sesaat sebelum landing.

Peristiwa ini terjadi hanya selang sehari dari pendaratan darurat Airlines penerbangan dari London ke Los Angeles yang juga terpaksa putar balik ke London setelah 15 orang di dalamnya mengeluh sakit.

Dilansir Dailymail, Jumat (29/1/2016), salah seorang penumpang wanita mengatakan, “Kami saat ini masih di Brasilia, pesawat kami mendarat darurat akibat kru dan penumpang pingsan dan tak enak badan.Ini seperti yang terjadi di penerbangan lainnya yang tak memperbolehkan kami turun dari pesawat sekitar dua jam,” kata dia.

“Anda bisa membayangkan kekacauan dan frustasi penumpang yang sudah terjebak di sini selama 48 jam. Salah satu kru mengatakan tentang oven cleaner yang bereaksi buruk.”

American Airlines Mendarat Darurat karena Penyakit Misterius
American Airlines Penerbangan 904 melakukan perjalanan dari Rio de Janeiro ke Miami lalu dialihkan ke Brasilia (ditampilkan pada peta di atas).

Penumpang lainnya, Xime Etchart, mencuit di Twitter: “Emergency landing in Brasilia from Rio to Miami. We’re all still waiting for an update on when we are flying back…

Pesawat yang mendarat di Brasilia ini, Boeing 777, adalah pesawat dengan tipe yang sama yang mendarat darurat di Heathrow pada Rabu dengan sebab yang sama pula.

Juru bicara American Airlines mengatakan, pesawat mendarat selamat di Brasilia pada Jumat (29/1/2016) pukul 00.37 waktu setempat. Dan penumpang sudah diperiksa paramedis. “Tak ada yang diminta untuk dirawat lebih lanjut. Tim perawatan pesawat kami juga baru saja menginspeksi pesawat.”

Menurutnya, pendaratan darurat itu dilakukan karena kehati-hatian maskapai yang sangat tinggi demi keselamatan penumpang. “Penerbangan dibatalkan tadi malam [Jumat dini hari] dan penumpang sudah kami akomodasi ulang di penerbangan lainnya,” kata dia.

KEMUNGKINAN APA SAJA BISA TERJADI SERANGAN PENYAKIT TIBA-TIBA DI PESAWAT?

1. Masalah di dapur (galley)
Ada kemungkinan awak pesawat merasa sakit karena masalah dengan mesin di dapur. Oven yang dibersihkan dengan bahan kimia bisa jadi bereaksi saat oven dinyalakan, dan meracuni si awak kabin.

2. Kegagalan sistem pendingin ruangan
Semua pesawat menggunakan sistem AC yang mempertahankan tekanan dan kualitas udara. Penelitian telah menyatakan bahwa kualitas udara di sebagian besar perusahaan penerbangan lebih baik dibanding di dalam mobil. Namun, para ahli mengatakan bahwa gangguan pada AC biasanya segera jelas karena sistem akan memompa keluar asap biru, yang akan mempengaruhi semua orang di kabin, bukan hanya beberapa orang saja.

3. Sesuatu di tas penumpang
Bisa jadi disebabkan kegagalan baterai laptop yang membuatnya meleleh dan mengeluarkan gas kimia yang menyebabkan kepala pusing.

4. Histeria
Ahli mengatakan orang-orang di ketinggian merasakan kekhawatiran tentang kesehatan mereka setelah melihat orang lain merasa sakit. Ada kemungkinan satu orang dilaporkan merasa sakit, yang lain menjadi khawatir tentang kesehatan mereka dan pada gilirannya melaporkan merasa sakit tanpa penyebab langsung.

Penyakit Aneh Mendadak Serang Kru & Penumpang, American Airlines Putar Balik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.