Kenapa Sih Jadi Pilot Harus Tinggi?

Tahun lalu, seorang perempuan di Jerman menuntut maskapai Lufthansa. Alasannya, karena dia pendek dan ditolak untuk mengikuti program pelatihan pilot maskapai itu. Namun, Pengadilan Tinggi Federal dan Pengadilan Perburuhan Negara Bagian Cologne menolak tuntutan perempuan tersebut. Bagaimanapun, pembatasan tinggi untuk pilot di Lufthansa tetap boleh dilakukan.

Jadi, kenapa harus tinggi?

Kebijakan Lufthansa menetapkan bahwa pilot harus setidaknya setinggi 165 cm. Perempuan yang menggugat itu tingginya 161,5 cm, tidak cukup tinggi untuk menjadi pilot Lufthansa. Kekurangan 3,5 cm itu yang membuat dia ditolak mengikutinya program pelatihan pilot. Perempuan itu menggugat maskapai Jerman tersebut dengan alasan diskriminasi, menuntut ganti rugi 135.000 euro untuk dampak dan kompensasi.

Lufthansa berpendapat bahwa persyaratan tinggi, yang merupakan bagian dari kesepakatan kerja, tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin, namun lebih karena pertimbangan keamanan. Mereka menyebut, ada 860 perempuan bekerja sebagai pilot komersial di Jerman.

“Pilot maskapai Lufthansa setiap saat harus bisa mencapai semua kontrol kokpit, di setiap pesawat di seluruh armada maskapai, termasuk A380, pesawat penumpang terbesar di dunia,” juru bicara Lufthansa Group Helmut Tolksdorf mengatakan kepada media DW.

Markus Wahl, seorang pilot dan juru bicara Asosiasi Pilot Penerbangan Jerman mengatakan bahwa menurut pengalamannya, ketinggian tertentu diperlukan saat menerbangkan pesawat komersial. “Tergantung pada apa yang harus saya jangkau di kokpit, bahkan saya yang jangkung dan hampir 1,90 meter, kadang harus meregangkan badan untuk mencapai instrumen yang ada,” ujarnya.

Maskapai di seluruh dunia memiliki persyaratan fisik yang berbeda untuk pilot. Air Canada dan United tidak memiliki persyaratan tinggi , namun mayoritas menetapkan tinggi minimum dan juga maksimum.

Dalam kasus Lufthansa Jerman, persyaratan ketinggian untuk pilot berlaku untuk perusahaan induk, namun tidak harus dilakukan oleh anak perusahaannya. Maskapai anak usaha yang beroperasi di Swiss misalnya, menerima ketinggian minimum dari pilot 1,60 meter.

Banyak maskapai penerbangan memiliki tinggi minimum untuk pilot karena banyak kontrol berada di langit-langit kokpit.