ERUPSI BROMO : Bandara Abdulrachman Saleh Ditutup, Penumpang Dialihkan ke Juanda

Bandara Abdulrachman Saleh Kabupaten Malang, kembali harus menutup aktivitas penerbangannya karena erupsi Gunung Bromo.

Penutupan berdasarkan Notam C3744/16 dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan RI untuk menutup Bandara Abdulrachman Saleh mulai pukul 11.00 Wib sampai dengan Selasa (12/7/2016) pukul 9 pagi besok.

“Iya ditutup, karena erupsi Bromo,” ungkap Kepala UPTD Bandara Abdulrachman Saleh Suharno seperti dikutip detikcom, Senin (11/7/2016).

Maskapai yang memiliki jadwal penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh adalah Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Wings Air.

Sebelum penutupan Bandara Abdulrachman Saleh diberlakukan tiga maskapai sudah mendarat dan melanjutkan penerbangan kembali menuju Jakarta yakni Citilink, Batik Air, dan Sriwijaya Air. Berbeda dengan Garuda Indonesia yang harus membatalkan jadwal penerbangan kembali ke Jakarta, karena sudah terjebak di landasan.

Calon penumpang sudah terlanjur datang ke Bandara Abdulrachman Saleh dievakuasi menggunakan armada bus menuju Bandara Juanda. Mereka sebelumnya panik, lantaran penundaan dilakukan secara mendadak.

Loket maskapai berada di Bandara Abdulrachman Saleh menjadi sasaran calon penumpang, untuk meminta keterangan atas penundaan jadwal penerbangan. Hiruk pikuk pun terjadi di saat arus balik Lebaran tahun ini.

“Ada tiga maskapai yang mengalihkan penerbangan. Penumpang dibawa menggunakan bus ke Juanda. Hari ini ada 10 penerbangan tujuan Jakarta, kemarin 11,” tambah Suharno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.