Seri Pesawat Pertanian (2) : Berharap Banyak Pada Kualitas Cessna

Cessna adalah produsen pesawat komersial kecil yang cukup ternama. Pilihan untuk masuk ke sektor pesawat pertanian adalah perhitungan bisnis murni. Melihat pasar yang begitu potensial, sayang jika tidak ikut bersaing di ceruk ini.

Cessna 188 adalah kelompok pesawat pertanian ringan yang diproduksi antara tahun 1966 dan 1983 oleh Cessna Aircraft Company. Seri pesawat ini memiliki sejumlah versi 188, mulai dari AGGagon, AGpickup, AGtruck dan AGhusky. Masih ada satu lagi, yaitu varian AGcarryall yang dimodifikasi dari versi 185. Seluruh versi pesawat itu dipersembahkan Cessna untuk sektor pertanian, dengan kualitas yang sudah dipercaya dunia penerbangan.

Seri 188 ini bermula sejarahnya pada awal 1960-an. Ketika itu, Cessna memutuskan untuk memperluas jalur pesawat ringan mereka. Padahal ketika itu mereka adalah salah satu penguasa pasar pesawat kecil, sehingga penjualannya tinggi. Keputusan bisnis memasuki pasar pesawat terbang pertanian dinilai sangat berani. Langkah ini dilakukan dengan diawali survei pilot dan operator pesawat pertanian yang menggunakan pesawat merk lain. Cessna ingin melihat fitur dan kemampuan yang sebenarnya diinginkan oleh para operator pesawat ini. Survei awal ini melahirkan pesawat terbang bertipe single seat konvensional, bermesin piston piston.

 

Cessna 188 dikembangkan dari seri Cessna 180. Versi awalnya menggunakan struktur kerucut dan sirip ekor yang sama.  Pembangkit listriknya adalah Continental O-470-R 230 hp (170 kW), sama seperti seri 180. Badan Cessna 188 sebagian besar dibuat dari aluminium 2024-T3, dengan hopper berbahan fiberglass. Teknologi yang digunakan adalah konstruksi semi-monocoque dan bertekanan, memanfaatkan tekanan dinamis yang dihasilkan dari kecepatan laju pesawat.

Cessna 188 pertama kali terbang pada 19 Februari 1965. Pesawat itu disertifikasi, lolos dan kemudian masuk produksi pada Februari 1966. Pada tahun pertama beroperasi di seri ini, Cessna mampu menjual 241 pesawat. Pencapaian yang sangat baik, karena itu berarti mereka mengirim pesawat rata-rata 1 dalam 1,5 hari.

Desain awal Cessna 188 ini begitu sukses dan disukai pasar. Cessna bahkan tidak melakukan perubahan desain selama 17 tahun produksi. Hanya mesin dan sistem penyemprotan atau penyebaran benihnya saja yang ditingkatkan, selain beberapa perubahan kecil pada sistem ventilasi.

Setelah melakukan survei terhadap persyaratan pesawat terbang pertanian, pabrikan ini meluncurkan prototipe model Cessna 188 AGwagon, yang kemudian hanya disebut sebagai AG Wagon pada 19 Februari 1965. Versi ini bersayap rendah dari konstruksi logam seluruhnya. Kokpit untuk pilot di kabin tertutup dan dilindungi struktur baja.

Meningkatnya pasar AGwagon membuat Cessna mengenalkan model baru pesawat ini pada akhir 1971 dan ditambah dua versi tambahan yang disebut sebagai AGpickup dan AGtruck. AGpickup adalah model dasar yang diterapkan pada versi Continental O-470-R. AGtruck umumnya mirip dengan AGGagon C, kecuali untuk penyediaan hopper 1.060 liter ditambah semprotan lengkap dan berbagai peralatan tambahan. Dari ketiga versi ini, AGpickup dihentikan produksinya pada 1976. Pada 1979 Cessna memperkenalkan AG Husky, versi turbocharged dari AGtruck yang digerakkan oleh mesin TSIO-520-T 231kW.  Hingga tahun 1985, sebanyak 3.976 Cessna 188 dari keempat varian tersebut telah dibuat. Rinciannya terdiri dari 53 AGpickup, 1589 AGwagons, 1949 AGtrucks dan 385 AGhuskies.