Bandara Heathrow London Sambut Kedatangan Jet Terbesar di Dunia

PAN-AM-BOEING-FIRST-FLIGHT-

Pesawat jet jumbo pertama dalam dunia penerbangan sipil telah tiba di bandara Heathrow, London, Inggris,  hari ini, 21 Januari, pada jam ini pula, 46 tahun yang lalu.

Pesawat anyar Boeing 747, milik maskapai penerbangan Pan Am itu mendarat di Heathrow pada 14:14 GMT (waktu Indonesia GMT +7 atau sekitar pukul 21.21 WIB), terlambat tujuh jam karena masalah teknis.

Pesawat komersial terbesar itu membawa 324 penumpang melintasi Atlantik dari New York ke London.

Namun perjalanan pulang ke New York tidak berjalan begitu lancar. Tiga puluh enam dari 153 penumpang dialihkan ke penerbangan lain setelah adanya kerusakan pada sistem hidrolik buka tutup pintu pesawat dalam keadaan darurat. Penerbangan pun tertunda hingga empat setengah jam di London.

Boeing 747 Pan Am
Pilot, kopilot dan para kru kabin berfoto bersama menjelang penerbangan komersial pertama Boeing 747 Pan Am di JFK Airport, New York, AS.
Bandara Heathrow Sambut Kedatangan Jet Terbesar
Kedatangan pesawat jumbo jet komersial pertama di dunia disambut khalayak di Heathrow Airport, London. Banyak yang menyempatkan datang ke bandara demi menyaksikan kedatangan pesawat itu.
Masalah keamanan

Ini bukan masalah pertama yang dialami pesawat seberat 350-ton itu. Pada Oktober 1969, sebelum resmi digunakan dalam penerbangan komersial, terungkap adanya masalah pada pengembangan mesin Pratt dan Whitney JT 9D. Isu itu memunculkan kekhawatiran proyek pesawat raksasa tersebut bakal dibatalkan.

Namun, Pan Am yakin masalah tersebut bisa diatasi Boeing dan pesawat itu aman, sehingga produksi diteruskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.