Pesawat Myanmar Yang Jatuh adalah Y-8, Pesawat Apa Ini?

Pesawat transportasi militer Myanmar yang jatuh di Laut Andaman Rabu 7 Juni 2017 adalah Y-8. Pesawat apa ini sebenarnya? Mari kita mengenalinya.

Shaanxi Y-8 adalah pesawat pengangkut jarak menengah berukuran sedang yang dirancang dan diproduksi oleh China’s Shaanxi Aircraft Company yang awalnya untuk memenuhi persyaratan Angkatan Udara Pembebasan Rakyat. Pesawat dibangunberdasarkan Antonov An-12 .

Pengembangan pesawat ini dimulai ketika China membeli beberapa pesawat Antonov An-12 dari Uni Soviet pada awal 1960an. Pada tahun 1968, Kementerian Aeronautika China mulai mengembangkan pesawat transport turboprop tingkat lanjut berdasarkan An-12.

Pada tahun 1969, Xi’an Aircraft Design Institute dan Xi’an Aircraft Factory memulai proses reverse-engineering untuk mengembangkan Y-8. Desainnya selesai pada bulan Februari 1972.

Uji coba penerbangan dilakukan pada bulan Juni 1972. Prototipe Y-8 melakukan penerbangan perdananya pada bulan Desember 1974. Operasi prototipe pertama dipindahkan ke Shaanxi Aircraft Industry di Hanzhong.

Prototipe Y-8 kedua melakukan penerbangan pertamanya pada bulan Desember 1975. Shaanxi kemudian mengembangkan prototipe ketiga, yang menyelesaikan penerbangan perdananya pada bulan Januari 1977.

Desain Y-8 disertifikasi oleh Pemerintah China pada bulan Februari 1980 setelah 66 uji coba penerbangan.

Lockheed Martin membantu Shaanxi dalam membangun kabin bertekanan untuk versi Y-8penumpang. Dua versi dikembangkan dengan yang pertama memiliki setengah dari kabin bertekanan dan versi kedua memiliki kabin bertekanan tinggi. Produksi serial Y-8 dimulai pada tahun 1981.

Y-8 digunakan untuk operasi militer dan komersial dan  digunakan untuk mengangkut tentara, menjatuhkan persediaan dan juga berfungsi sebagai ambulans udara.

Pesawat ini mampu beroperasi dalam segala kondisi cuaca dan dapat lepas landas dan mendarat di lapangan terbang atau landasan pacu yang belum siap termasuk rumput, salju dan lumpur.

Y-8 memiliki 30 varian, termasuk pesawat survei geofisika Y-8 dan kapal tempur Y-8.  Ada juga Y-8 AWACS yang dilengkapi dengan radom besar di hidung dan ekornya.

Pesawat survei geofisika Y-8 memiliki detektor magnetik anomali di bagian ekor untuk mengidentifikasi ranjau.

Pesawat tempur Y-8 adalah pesawat akuisisi target yang dilengkapi dengan tiga senapan mesin berat dan dua meriam berat.

ZDK-03 adalah varian yang  dirancang khusus untuk Angkatan Udara Pakistan (Pakistan). Pesawat ini memiliki radar AESA dengan jangkauan yang lebih besar daripada radar angkatan laut Saab 2000 Erieye AEW & C.

Beberapa negara mengoperasionalkan pesawat ini.  Angkatan Udara Sri Lanka memperoleh dua Y-8 pada tahun 1987, yang dijual ke Angkatan Udara Myanmar pada tahun 1994. Shaanxi juga mengirim dua pesawat ke Angkatan Udara Sudan pada tahun 1991.

NEXT: FITUR, AVIONIK DAN KINERJA

Facebook Comments