Mengenal Lebih Dekat KF-21 Boramae

Korea Selatan telah meluncurkan prototipe pertama dari pesawat tempur buatan dalam negeri yang sebelumnya disebut sebagai KF-X dan kini secara resmi diberi nama KF-21 Boramae. Jet paling ambisius di Korea Selatan ini diperkirakan akan terbang tahun depan dan presiden negara itu telah mengkonfirmasi jadwal yang ketat untuk menyelesaikan program pengembangan versi awal pesawat pada tahun 2026.

Angkatan Udara Republik Korea diharapkan untuk melantik 40 KF-21 pada tahun 2028 dan memiliki armada penuh sebanyak 120 pesawat pada tahun 2032. Pesawat tersebut harus segera menggantikan F-4E Phantom II dan F-5E / F yang sudah tua. Pesawat tempur dimaksudkan untuk melengkapi pesawat 60 tempur siluman F-35A serta F-15K Slam Eagle dan F-16C / D.

Presiden Korea Selatan Moon Jae In menetapkan tujuan agar Korea Selatan menjadi kekuatan industri penerbangan terbesar ketujuh di dunia pada tahun 2030-an.

Pekerjaan pengembangan skala penuh pada apa yang kemudian dikenal sebagai KF-X dimulai pada 2015 dan pada 2019 Badan Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan mengumumkan persetujuan untuk pembangunan prototipe. Ada rencana untuk empat prototipe kursi tunggal dan dua kursi ganda yang masing-masing akan didukung oleh sepasang mesin General Electric F414-GE-400K yang dipasok oleh Amerika. Pabrikan ini pada 2016 dipilih untuk memasok 240 mesin produksi F414 plus program suku cadang. Varian turbofan ini juga ditemukan di F / A-18E / F Super Hornet, EA-18G Growler, dan JAS 39E / F Gripen Swedia. Mesin juga direncanakan untuk diinstal di Tejas Mk 2 India.

Seoul mengharapkan untuk mengeluarkan kontrak produksi KF-21 pertamanya pada tahun 2024 yang mengarah pada pengiriman varian Block 1 pada tahun 2026. Block 1 hanya akan menawarkan kemampuan udara keudara. Sedangkan Block 2 akan dibebaskan untuk misi udara-ke-darat.

Meski mengembangkan dan memproduksi pesawat tempur multi-peran sendiri merupakan tantangan yang signifikan, KAI telah mengumpulkan banyak pengalaman dalam memproduksi pesawat militer kelas atas, termasuk pesawat tempur ringan supersonik FA-50 yang digunakan oleh Korea Selatan dan diekspor. Industri Korea juga terlibat dalam produksi lokal pesawat tempur multi-peran F-16C / D Block 52 untuk Angkatan Udara Korea Selatan.

Jika diamati, KF-21 jelas menunjukkan beberapa fitur rendah diamati. Ini terlihat dari adopsi ekor kembar miring, bentuk badan pesawat, dan kesejajaran tepi. Fitur yang digunakan F-22 dan F-35. Namun, itu tidak memberikan kemampuan siluman semua aspek yang ditawarkan oleh jet tempur Amerika ini.

Sebaliknya, jet bermesin ganda ini dimaksudkan untuk mengisi kesenjangan antara F-35 dan F-16, dalam hal kemampuan, tetapi harus lebih murah secara keseluruhan daripada F-35. Senjata KF-21 akan dibawa secara eksternal, pada enam stasiun di bawah sayap dan empat di bawah badan pesawat. Setelah jet masuk operasional sekitar tahun 2026  pembangunan turunan yang lebih maju akan dikerjakan. Salah satunya pesawat akan memiliki teluk senjata internal.  Dalam bentuk awalnya, KF-21 diharapkan memiliki penampang radar yang setara dengan Eurofighter Typhoon. Tetapi peningkatan selanjutnya pasti akan mengurangi RCS lebih jauh.

Secara keseluruhan, KF-21 memang bisa menjadi proposisi yang sangat menarik bagi pelanggan asing. Pesawat telah dirancang untuk memiliki kinerja kinematik yang lebih baik daripada F-16C dan akan menampilkan radar AESA yang diproduksi oleh Hanwha System Korea Selatan. Senjata memiliki opsi senjata canggih, termasuk rudal udara ke udara ramjet Meteor yang disediakan MBDA Eropa.

Senjata juga telah dipilih untuk KF-21 Block 2. Ini terdiri dari GBU-12 Paveway II, GBU-31/38 Joint Direct Attack Munition (JDAM), GBU-54/56 JDAM dipandu laser, GBU-39 / B Small Diameter Bomb I, dan CBU ‐ 105 Wind Corrected Munitions Dispenser. Semua senjata tersebut saat ini sudah digunakan Angkatan Udara Korea Selatan hingga seharusnya mempercepat proses integrasi.

Jet tempur baru diharapkan membawa muatan hingga 7,7 ton dan  berat lepas landas maksimum 25,5 ton. Jet diperkirakan akan mampu mencapai kecepatan tertinggi sekitar 2.200 km per jam atau sekitar 1,83 Mach serta jangkauan hampir 1900 km. Tentu saja, ini adalah yang disampaikan dalam brosur. Hasil nyatanya akan terlihat setelah pesawat diuji terbang. Jangkauannya khususnya, pasti akan lebih pendek selama operasi tempur yang sebenarnya.

Meski ada sejumlah proyek pesawat tempur canggih serupa lainnya dengan ambisi tersembunyi sedang berlangsung, termasuk di Eropa, India, Jepang, Turki, dan Inggris, Boramae akan menjadi yang pertama terbang.