USAF Mencari Taksi Udara

Angkatan Udara Amerika sedang mencari armada taksi udara untuk menyediakan transportasi jarak pendek bagi berbagai misi.

Layanan ini ingin memanfaatkan penelitian dan pengembangan yang ada di sektor komersial untuk menghasilkan pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal (VTOL)  tak berawak yang mampu mengangkut penerbang dan material melintasi medan perang.

Konsep taksi udara kemungkinan akan mendukung konsep  penyebaran kekuatan udara di area yang luas untuk melindungi mereka dari serangan.

Menurut Aviation Week, Angkatan Udara Amerika secara resmi memulai pencarian kendaraan tersebut minggu ini.  Proyek, yang dikenal sebagai Agility Prime, berusaha untuk membeli beberapa taksi terbang pada tahun 2023 untuk tujuan pengujian.

Jika proyek berjalan sesuai rencana, USAF dapat menggunakan taksi di seluruh dunia, terutama untuk mendukung konsep operasi barunya, Agile Combat Employment.

“Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjadikan mobil ‘Jetsons’ menjadi nyata,” kata Will Roper, Asisten Sekretaris Angkatan Udara untuk Akuisisi, Teknologi, dan Logistik, dalam briefing dengan wartawan.

Agility Prime akan memanfaatkan upaya yang ada di sektor komersial untuk mengembangkan taksi terbang – kendaraan tak berawak multi-rotor otonom yang mampu mengangkut orang dalam jarak pendek.

Perusahaan-perusahaan di Amerika , Eropa, dan Asia semuanya berlomba untuk mengembangkan pesawat semacam itu, yang mereka yakini pada akhirnya akan menjadi alat transportasi penting di daerah perkotaan.

Angkatan Udara memikirkan kembali rencananya untuk berperang di masa depan.  Keberadaan rudal jarak jauh seperti DH-10 China dan sistem rudal balistik jarak pendek Iskander-M Rusia, berarti bahwa jika pecah perang, pangkalan udara Angkatan Udara akan berpotensi dihancurkan. Solusinya adalah mendorong pakett-paket kecil kekuatan udara ke pangkalan  dan lapangan udara sipil terdekat.

Kedengarannya tidak mungkin, Angkatan Udara tidak memiliki helikopter untuk mengangkut pasukan, bahan bakar, suku cadang, dan senjata dari pangkalan udara besar ke yang lebih kecil. Helikopter juga membutuhkan lapangan terbang. Sedangkan taksi udara dapat mengantar penerbang ke dan dari pangkalan udara terpencil dari tempat parkir.

Angkatan Udara menginginkan taksi terbang yang mampu mengangkut lima hingga delapan orang sekaligus, dengan kecepatan lebih dari seratus mil per jam pada kisaran seratus mil atau lebih.

Apakah Angkatan Udara akan mendapatkan taksi terbangnya? Jika teknologi ini berhasil di dunia komersial, itu sangat mungkin. Mereka hampir pasti akan lebih murah dan lebih mudah dioperasikan daripada helikopter.