Gambar Terbaru B-21 Dirilis, Makin Jelas Bedanya dengan B-2 Spirit

Angkatan Udara Amerika dan Northrop Grumman, menerbitkan tiga konsep baru pembom generasi berikutnya yang memperlihatkan pesawat siluman di berbagai hanggar Pangkalan Udara Amerika.

Salah satu gambar menunjukkan konsep B-21 yang tersimpan di hanggar di Ellsworth Air Force Base, South Dakota, yang saat ini menjadi basis B-1B Lancer.

Foto kedua menunjukkan pesawat di Pangkalan Angkatan Udara Whiteman, Missouri, yang saat ini menampung B-2 Spirit; dan foto terakhir menghadirkan B-21 di Pangkalan Angkatan Udara Dyess, Texas yang  juga pangkalan B-1.

Tahun lalu, Angkatan udara mengumumkan basis operasional pertama B-21 akan berada di Ellsworth dan juga akan menjadi tuan rumah unit pelatihan formal pertama pembom. Whiteman dan Dyess diharapkan menerima B-21 Raiders “begitu tersedia.”

B-21 masih akan datang bertahun-tahun lagi. Para pejabat mengatakan pengiriman pertama harus dimulai pada pertengahan 2020-an, tetapi telah berhati-hati untuk tidak menyiarkan terlalu banyak detail lainnya untuk melindungi rincian tentang teknologi B-21.

Meski sekilas render ini menunjukkan kesamaan dengan B-2  juga dikembangkan oleh Northrop, seorang spesialis untuk penerbangan militer dengan cepat menunjukkan satu perbedaan potensial.

“Menjadi jelas bahwa apa yang tampak seperti ‘paruh’ adalah ujung. Hidung (seperti yang digambarkan) tidak setajam B-2,” tulis Jeremiah “JJ” Gertler dalam tweeted Jumat 31 Januari 2020.

Meskipun rendering jelas masih kurang detail tertentu, ada sejumlah fitur penting yang kini juga lebih terlihat.

Sebagaimana ditulis War Zone, flush inlet dan blended conformal engine B-21 hampir rata, karakteristik kunci siluman yang agak revolusioner. Boeing MQ-25 Stingray drone Angkatan Laut Amerika  juga menggunakan jenis desain inlet flush, tetapi yang lebih lurus ke depan daripada konfigurasi B-21.

Konfigurasi inlet yang sangat berbeda pada B-2 versus rendering dari B-21 terlihat jelas pada gambar ini, yang telah dicerminkan untuk perbandingan yang lebih mudah antara keduanya.

Selain itu, rendering menunjukkan bahwa B-21 memiliki pengaturan roda pendaratan utama dan pintu roda gigi yang serupa dengan yang ada di B-2, tetapi yang terutama memiliki pintu roda gigi utama dengan tepi bergerigi.

Pintu pendaratan utama Spirit adalah trapesium. Nosegear sangat mirip dengan yang ditemukan pada B-2, dengan pengaturan dua pintu yang serupa, tetapi dengan pola gerigi yang berbeda di sepanjang tepinya.

Juga, yang penting, roda pendaratan utama B-21 adalah desain dua roda, bukan empat yang ditemukan pada B-2. Ini mencerminkan bobot kotor Raider yang lebih rendah dan ukuran keseluruhan yang lebih kecil daripada Spirit.

Tampak samping dari bomber siluman B-2 Spirit, dengan jelas menunjukkan pintu roda pendaratan utama trapesium. Perbedaan chine line dan paruh, serta konfigurasi inlet lagi, pada B-2 dibandingkan dengan rendering B-21 juga terlihat.

Trailing edge B-21  seperti berlian, yang berbeda dari sawtooth trailing-edge B-2, sebuah fitur yang direvisi sebagai bagian dari desain ulang yang sangat mahal pada pertengahan 1980-an yang bertujuan untuk memberikan kemampuan penetrasi rendah ketinggian B-2.  Tepi trailing baru kemungkinan akan memungkinkan pembom baru terbang di ketinggian yang jauh lebih tinggi dari pendahulunya.

Banyak tentang B-21 masih belum diketahui dan tidak jelas kapan kita bisa melihat pesawat yang sebenarnya, yang pertama sedang dibangun sekarang. Angkatan Udara mengharapkan untuk menerbangkan B-21 untuk pertama kalinya pada akhir 2021, tetapi sangat mungkin bahwa jadwal tersebut dapat tergelincir.

Angkatan Udara Amerika berencana untuk membeli sekitar 100 pembom, tetapi dapat membeli lebih banyak tergantung pada kebutuhan layanan.

Angkatan Udara memberi Northrop kontrak, awalnya bernilai US$ 21,4 miliar, pada tahun 2015. Total biaya diperkirakan akan melebihi US$ 55 miliar selama umur program.