Tabrak Hangar, Pesawat VIP Perdana Menteri Kanada Digrounded 10 Bulan

Pesawat Perdana Menteri Justin Trudeau harus digrounded hingga Agustus 2020 atau selama 10 bulan setelah mengalami kecelakaan di CFB Trenton yang mengakibakan hidung pesawat hancur dan salah satu mesinnya juga rusak.

Menurut Angkatan Bersenjata Kanada, pesawat  CC-150 Polaris yang digunakan untuk mengangkut perdana menteri ke acara-acara internasional tersebut sedang ditarik di pangkalan udara militer di Trenton, Ontario pada 18 Oktober ketika mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan struktural signifikan.

“Tim teknik dari Airbus dan General Electric menilai kerusakan dan menyediakan rencana perbaikan awal yang akan membuat pesawat kembali beroperasi pada Agustus 2020,” kata Letkol Steve Neta, Direktur Urusan Umum Angkatan Udara, kepada CTVNews.ca dalam sebuah pernyataan email 2 Desember 2019.

Kecelakaan itu terjadi ketika para kru sedang menyiapkan traktor derek untuk memindahkan pesawat  ketika pesawat itu bergerak maju sendiri, meskipun ada chocks dan rem parkir dikatifkan.

“Upaya untuk menghentikan pesawat oleh awak belakangnya tidak berhasil,” kata militer dalam laporannya dari penyelidik. Mesin kanan menabrak salah satu traktor derek dan hidung mengenai struktur hangar, menghentikannya.

Penyelidikan ke insiden itu “akan fokus pada faktor material dan manusia,” tetapi tidak ada indikasi berapa berapa biaya perbaikan untuk pesawat yang sudah tua akan biaya.

Neta menambahkan bahwa ada empat pesawat lain yang bisa digunakan, tergantung kebutuhan. “Selain dari VIP yang rusak, kami memiliki dua yang dikonfigurasi untuk perjalanan penumpang sementara dua lainnya dikonfigurasi untuk pengisian bahan bakar di udara dan kargo,” katanya.

Facebook Comments