Sepi Penumpang, 11 Penerbangan di Hang Nadim Dibatalkan

Sepi Penumpang, 11 Penerbangan di Hang Nadim Dibatalkan

Sebelas penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Kamis (25/2/2016) dibatalkan karena sepi penumpang. Kondisi sepi penumpang di bandara ini diperkirakan bakal berlanjut hingga akhir Maret mendatang.

“Sebelas penerbangan, empat penerbangan Citilink dan tujuh Lion Air dibatalkan,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam.

Penerbangan yang dibatalkan adalah Citilink Soekarno Hatta-Batam-Soekarno Hatta, Surabaya-Batam-Surabaya, Batam-Padang-Batam, Batam-Medan-Batam.

Lion Air, dari Soekarno Hatta-Batam-Soekarno Hatta dua penerbangan, Batam-Pekanbaru-Batam, Kuala Namu-Batam-Padang, Aceh-Batam-Aceh, Padang-Batam-Kuala Namo, Batam-Bengkulu-Batam, Solo-Batam-Solo.

Suwarso mengatakan, kondisi sepi penumpang sudah terjadi sejak musim libur Tahun Baru Imlek usai pada dua pekan lalu. “Kondisinya memang sepi jadi yang punya jadwal lebih dari sekali dilakukan pengurangan atau pemadatan jadwal, menyiasati agar kursi banyak terisi,” kata dia.

Suwarso mengatakan, beberapa hari terakhir penurunan penumpang pada hari-hari biasa mencapai sekitar 20%. “Yang biasanya di atas 7.000 orang yang pergi perhari, saat ini hanya di atas 5.000 orang. Kecuali Minggu yang masih bisa mencapai sekitar 8.000 orang yang meninggalkan Batam,” kata Suwarso.

Ia mengatakan kondisi tersebut diperkirakan akan terus terjadi hingga akhir Maret mengingat tidak ada libur panjang hingga rentang waktu tersebut. “Kondisi ini tidak bisa dihindari oleh maskapai-maskapai yang beroperasi di Hang Nadim,” kata dia.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan salah satu bandara tersibuk di Sumatra dan menjadi penghubung penerbangan sejumlah maskapai di Indonesia dari bagian barat. (Sumber: Antara)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.