Citilink Resmikan Layanan Wifi Gratis di Penerbangan, Apakah Berpengaruh ke Tarif?

    Pramugari Citilink

    Maskapai berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) Citilink Indonesia resmi meluncurkan fasilitas wifi gratis mulai 28 Desember 2018 untuk memuaskan pengalaman penumpang saat terbang.

    “Satu pesawat kami hari ini, penerbangan pertama dari Denpasar dengan nomor registrasi PK-GQR, layanan wifi sudah ‘live’. Saya dan tim sudah dapat gambaran dari ketinggian 35 ribu kaki,” kata Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo dalam acara peluncuran di Jakarta, Jumat.

    Layanan internet gratis tersebut diberikan melalui kerja sama dengan Mahata Aero Teknologi. Armada pesawat dilengkapi layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar di media sosial selama penerbangan.

    GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS). Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

    Juliandra menuturkan, berdasarkan hasil kesepakatan dengan Mahata, pada 2019 nanti akan ada tambahan 19 pesawat Citilink yang dilengkapi dengan wifi. “Sehingga hingga akhir 2019 total ada 20 pesawat kami yang dilengkapi wifi dari target 50 pesawat pada 2020 mendatang,” katanya.

    Pesawat bernomor registrasi PK-GQR yang dilengkapi wifi memiliki rute Jakarta-Denpasar-Denpasar, Jakarta-Banjarmasin dan Jakarta-Medan. Keberadaan layanan Wifi gratis ini juga ditujukan untuk mengaktivasi millenial yang mengisi 70 persen pasar penumpang Citilink.

    Fasilitas WiFi gratis ini dijamintidak akan ada kenaikan tarif bagi penumpang.”Tidak ada (yang) dibebankan kepada penumpang,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo dalam acara peluncuran fasilitas tersebut di Jakarta, Jumat.

    Meski diberikan secara cuma-cuma, Juliandra memastikan kerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi sebagai mitra instalasi layanan konektivitas nirkabel di pesawat akan tetap saling menguntungkan.

     

     

    Facebook Comments