Penguasa Dubai Tengok Produksi A320 Pesanan Mereka

    Shaikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA sekaligus penguasa Dubai, Senin lalu berkunjung ke pabrik Airbus di kota Hamburg, Jerman. Dalam kunjungan tersebut, Shaikh Mohammad berkeliling pabrik dan dijelaskan tentang berbagai oleh Andreas Foerster, VP A380 Final Assembly Line di Airbus, Hamburg, dan Andreas Fehring, kepala galangan kapal Airbus Hamburg.

    Orang Dubai ini selalu penting baru Airbus, karena dia adalah penguasa maskapai Emirates. Dan maskapai itu membeli 40 persen produksi Airbus A380. Artinya, hampir separuh pesawat seri ini akan dikuasi sepenuhnya maskapai Timur Tengah itu, sekaligus menunjukkan dominasi mereka dalam penerbangan dengan pesawat besar.

    Pabrik di Hamburg sendiri memang mengkhususkan pembuatan serta penerapan desain interior dan lukisan struktur eksterior Airbus A380. Kunjungan ini bermakna penting, seolah menjadi sinyal bahwa Emirates puas dengan produk-produk Airbus yang mereka pakai. Jika petinggi Dubai ini bisa melihat bagaimana proses produksi dilakukan, Airbus boleh nyicil berharap bahwa pembelian selanjutnya akan terus mengalir.

    Airbus pun memuji komitmen Emirates terhadap kesepakatan bisnis yang sudah mereka sepakati, baik tanggal pengiriman maupun penerimaan pesawat superjumbo itu. Baik Foerster maupun Fehring mengatakan bahwa Emirates adalah mitra dan pelanggan pertama yang menikmati preferensi Airbus di dunia.

    Shaikh Mohammad mengunjungi bagian perakitan komponen dasar untuk Airbus A320 komersial kecil dan menengah. Penguasa Dubai dan pejabat yang menyertainya kemudian melihat beberapa bagian dari struktur Airbus A320, yang dirancang untuk maskapai Emirates yang membeli 40 persen A380 Airbus.

    Selain itu, Shaikh Mohammad juga berkeliling di berbagai bagian pabrik, tempat desain interior Airbus A380 diproduksi, terutama untuk Emirates. Dia kemudian melihat mekanisme kerja struktur eksterior pesawat Airbus dengan warna Emirates. Shaikh Mohammad mengungkapkan kebahagiaannya saat mengunjungi pabrik Airbus di Hamburg. “Saya sangat senang mengunjungi pabrik Airbus di Hamburg. Ini kunjungan kedua saya setelah saya pertama kali mengunjungi fasilitas ini di tahun 90an,” ujarnya.

    Dia juga memuji upaya yang dilakukan Shaikh Ahmad Bin Saeed Al Maktoum, Presiden Dubai Civil Aviation, Chairman dan Chief Executive Emirates Airlines and Group, dan tindak lanjutnya mengenai semua hal yang terkait dengan pengembangan armada Emirates. Dalam kunjungan ini, Shaikh Mohammad didampingi oleh Shaikh Ahmad Bin Saeed Al Maktoum dan Khalifa Saeed Sulaiman, Direktur Jenderal Departemen Protokol dan Perhotelan Dubai.