Lempar Koin ke Mesin, Nenek-Nenek Sebabkan China Southern Tertunda

    Keberangkatan pesawat China Southern penerbangan 380 ditunda pada hari Selasa, 27 Juni 2017 lalu akibat ulah seorang nenek-nenek. Kabar ini kurang memperoleh perhatian publik meskipun kemudian menyeruak lewat jejaring sosial di internet.

    Dikabarkan, seorang wanita berusia 80 tahun ingin merasa aman ketika terbang dengan maskapai China Southern. Lalu, dengan sengaja dia melemparkan sembilan koin ke ke mesin jet kembar Airbus A320. Karena ulah nenek ini, personil penerbangan mengevakuasi seluruh pesawat karena khawatiran sebuah koin bisa saja tersedot ke mesin dan menyebabkan kerusakan serius. “Seorang penumpang senior melemparkan koin ke mesin pesawat dan menunda penerbangan,” kata juru bicara maskapai tersebut menjelaskan di media sosial.

    Penumpang tersebut telah dibawa oleh polisi. Untuk memastikan penerbangan aman, bagian perawatan pesawat China Southern telah melakukan uji coba penuh mesin pesawat.

    Perempuan tua itu diketahui bepergian bersama suami, anak perempuan dan menantunya. Awalnya, seorang penumpang lain melihat dia melempar koin dari tangga pesawat dan langsung memberitahu petugas penerbangan. Menurut BBC, dia hanya mengaku membawa satu dari sembilan koin yang ditemukan di mesin. Namun, South China Morning Post melaporkan bahwa sembilan koin tersebut benar-benar ditemukan di bagian mesin. Bagaimanapun juga, tindakan nenek-nenek itu telah menunda keberangkatan pesawat dari Shanghai Pudong International Airport selama lima jam. Pesawat tersebut akhirnya sampai di tujuannya, Bandara Internasional Guangzhou Baiyun, tanpa adanya insiden lain.