TU-104, Jet Airlines Pertama Soviet, Kesombongan Berakhir Petaka

Khrushchev sangat menyukai TU-104 ini. Bahwa ia memutuskan untuk melakukan kunjungan ke The Great Britain pada tahun 1956 dengan pesawat ini. Tetapi karena masalah Grab akhirnya rencana itu tidak bisa dilakukan. Delegasi Soviet pergi ke Inggris dengan kapal.

TU-104airplane-54

Tapi untuk membuktikan keunggulan teknologi Soviet (British Comet masih belum terbang lagi), Khrushchev memerintahkan untuk membawa TU-104 ke London.

TU-104airplane-55

Kedatangan pesawat ini membuat heboh pers Inggris yang menyebut, seolah-olah UFO mendarat di Great Britain. Hari berikutnya salah satu TU-104 lain tapi dengan nomor yang berbeda. Koran-koran Inggris mulai sinis dan menyebut sebenarnya yang datang adalah pesawat yang sama tetapi dengan cat dan nomor beda. Pers Inggris juga menyebut pilot Rusia dengan “Russian priests” karena menggunakan pakaian aneh berwarna hitam.

TU-104airplane-56

Kepala konstruktor A.N. Tupolev tersinggung dan memerintahkan untuk memberikan pilot uang sehingga mereka bisa membeli sesuatu yang lebih fashionable, tapi tidak hitam. Kedua ia memerintahkan untuk mengirim pada hari berikutnya (25 Maret 1956) tiga TU-104 secara bersamaan ke London untuk membungkam pers Inggris.

Jelas ini sebuah kemenangan, karena tidak satu negara memiliki pesawat jet yang beroperasi sebagai airlines pada saat itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.