Terbang 500 Mil Per Jam, Kenapa Wiper Pesawat Tidak Rusak?

USA Today

Masih banyak pertanyaan-pertanyaan simpel tetapi menggelitik terkait penerbangan dan pesawat. Termasuk kenapa penumpang selalu naik dan turun dari sisi kiri pesawat, kenapa wiper kaca depan bisa bertahan saat pesawat terbang sangat kencang, dan lain sebagainya.

Berbagai pertanyaan itu akan dijawab oleh John Cox, mantan kapten US Airways dan sekarang mendirikan perusahaan keselamatan penerbangan dalam rubric Ask The Captain USA Today

Kenapa pintu pesawat selalu ada di sisi kiri tidak di sisi kanan?

Sisi kanan pesawat adalah bagian di mana banyak servis dilakukan. Sehingga lebih mudah dan lebih aman untuk penumpang turun di sisi lain dari pesawat dari truk bahan bakar, kapal tunda dan gerobak bagasi dan truk katering. Garbarata memblokir akses ke bagian dari pesawat dan akan memperlambat servis jika mereka menempel di sisi kanan.

Berjalan pada kecepatan 500 mph, bagaimana wiper pesawat komersial tidak rusak dalam penerbangan?

Pertanyaan bagus. Aliran udara di sekitar kaca depan dirancang menjadi kurang kuat dibandingkan bagian lain dari pesawat. Air mengalir di sekitar hidung dan di atas kaca depan, menyebabkan “eddy.” Eddy ini adalah tekanan rendah pada kecepatan lebih rendah dari udara yang mengalir melalui hidung.

Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah bahwa desainer pesawat memanipulasi aliran udara dengan cara yang memungkinkan udara lebih lambat sekitar kaca depan dan wiper. Mereka adalah orang-orang yang sangat cerdas.

Berdasarkan desain sayap, bagaimana pesawat terbang terbalik?

Mereka meningkatkan sudut serangan sampai airfoil terbalik akan menciptakan cukup daya angkat. Pesawat yang dirancang untuk penerbangan terbalik memiliki sayap yang menciptakan daya angkat sisi kanan atas atau terbalik.

Apakah  bau pesawat baru  mirip dengan bau mobil baru?

Ya, sebuah pesawat baru memiliki bau yang mirip dengan mobil baru.