Tak Bisa Dikontak Boeing 777 Jet Airways Dikawal Jet Tempur Jerman

Angkatan Udara Jerman mengirimkan dua  dua jet tempur untuk mencegat sebuah pesawat milik Jet Airways gagal menjalin kontak dengan kontrol udara Cologne.

Boeing-777 itu terbang dari Mumbai ke London pada hari Kamis  16 Februari 2017 dengan nomor penerbangan 9W-118 dan sedang terbang di  dekat  kota Cologne Jerman ketika awak kokpit  tidak menanggapi komunikasi ATC.

Dengan tidak ada respons dari pesawat India tersebut, Angkatan Udara Jerman terpaksa mengirimkan  jet untuk mengawal pesawat tersebut.  Setelah didampingi oleh jet tempur Jerman pesawat  berhasil membangun kembali komunikasi  dengan ATC. Setelah komunikasi dipulihkan, pesawat  meneruskan  penerbangannya ke London.

Sebuah rekaman menarik sempat merekam pencegatan tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=VIPff7JtNE8

Seorang juru bicara Jet Airways yang dikonfirmasi sempat ada kekhawatiran pesawat 9W-118 jatuh karena tidak bisa dihubungi.

“Kontak antara Jet Airways  9W 118, dari Mumbai ke London Heathrow, 16 Februari, 2017, dan ATC setempat, sempat hilang saat terbang di atas wilayah udara Jerman. Komunikasi itu bisa dipulihkan dalam beberapa menit. Sebagai tindakan pencegahan, Angkatan udara Jerman mengerahkan pesawat untuk menjamin keamanan penerbangan dan para penumpang. penerbangan membawa 330 penumpang dan 15 awak kemudian mendarat di London tanpa insiden,” kata pernyataan Jet Airways.