Pesawat Legendaris Ini akan Keliling Dunia

Douglas DC-3 melakukan penerbangan perdananya pada tahun 1935 dan kemudian  merevolusi sifat perjalanan udara. Ringan, cerdas dan terpercaya, pesawat jarak jauh yang dibangun seluruhnya dari logam dan memiliki kecepatan jelajah lebih dari 200 mil per jam ini merintis rute komersial baru, kemungkinan baru di seluruh dunia.

Lebih dari 16.000 pesawat DC-3 dibangun. Hebatnya, sekitar  150 pesawat masih dalam kondisi layak terbang hingga saat ini.

Pesawat di atas adalah HB-IRJ. Salah satu pesawat yang masih terus terbang. Awalnya dikirim ke American Airlines pada bulan Maret, 1940, ia kemudian disewa  Angkatan Darat AS dari 1942 hingga 1944.

Kembali ke tugas sipil, HB-IRJ terus beroperasi komersial selama hampir lima dekade, dioperasikan beberapa di antaranya oleh East Express dan  Provincetown-Boston Airlines.  Pesawat itu  pensiun ketika Bar Harbour Air ditutup pada tahun 1991.

Sekarang, setelah restorasi secara telaten, HB-IRJ sekali lagi terbang ke langit.

Mengenakan Breitling livery,  pesawat legendaries dengan dua mesin  propeler akan memulai ambisi besarnya untuk tur keliling dunia pada bulan Maret ini. Perjalanan dimulai di Jenewa, dan termasuk  singgah di Anchorage, Seattle, San Francisco, Los Angeles, Phoenix, Dallas, St Louis, Oshkosh, New York dan Boston sebelum menyeberangi Atlantik, dan kembali ke Swiss.

Ini sebuah perjalanan epik, dan pesawat akan membawa  kargo,  Breitling mengirimkan 500 chronographs Navitimer sepanjang  perjalanan.  Jam tangan khusus “DC-3 World Tour” jam  akan didistribusikan ke pembeli di Sion Airshow, di mana HB-IRJ dijadwalkan mendarat pada bulan September, menyelesaikan perjalanan tersebut.