Pertama dalam Sejarah, Boeing 747-400 Mendarat di Polandia

Sebuah Boeing 747-400 milik Atlas Air yang terbang dalam status “a military passenger charter flight” untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendarat untuk pertama kalinya di bandara Poznan Polandia.

Pesawat ini  Atlas Air B747 digunakan untuk mengangkut lebih dari 300 tentara AS ke Poznan, Polandia barat pada 11 Januari 2017 lalu.

Para prajurit kemudian diangkut ke Żagań, Świętoszów, Skwierzyna dan Bolesławiec dari Poznan oleh bus, sementara jet kemudian terbang ke Wrocław, mengangkut beberapa pasukan untuk tujuan alternatif.

Yang perlu diperhatikan, ini adalah pertama kalinya bahwa pesawat ikonik Boeing mendarat di Poznan Lawica Airport.

Menurut tentara yang berbicara kepada pers, cuaca di Polandia saat mirip dengan yang ada di Colorado, kecuali kelembaban yang lebih dan angin lebih ringan.

Awalnya, jumbo jet ini akan mendarat di Poznan (terbang dari Colorado Springs) pada tengah hari, namun, karena cuaca buruk  di bandara Polandia pesawat yang sempat  singgah di Frankfurt akhirnya mendarat  sekitar 04:50.

Sebagaimana dilaporkan The Aviationist Sabtu 15 Januari 2017, transportasi pasukan dilakukan oleh Atlast Air, salah satu operator terbesar kargo udara untuk militer AS, merupakan bagian dari Operasi Atlantic Resolve, yang bertujuan untuk memberikan dukungan dan penguatan dari wilayah timur NATO yang merasa terancam oleh Rusia sejak krisis Ukraina . Unit AS yang dikerahkan ke Polandia termasuk petugas medis dan spesialis CRBN, serta ahli komunikasi.