Ingin Jadi Pramugari Garuda? Ini Tips Jitu dari Arfita

arfita-dwi-putri
Arfita Dwi Putri -tengah- bersama rekan kerjanya di Garuda

Menjadi pramugari atau flight attendant jelas tidak mudah, terlebih di maskapai terkenal semacam Garuda Indonesia. Banyak yang keder terlebih dahulu sebelum menjalani tes.

Benarkah begitu menakutkan dan sulit? Pramugari senior Garuda Indonesia Arfita Dwi Putri memberikan tips yang sederhana tetapi jitu

“Untuk para FA wannabes, hanya satu pesan yang akan saya sampaikan, yaitu ‘jangan kalah  sebelum  berperang’ Karena kebanyakan teman-teman saya di luar sana, sudah takut duluan mengikuti proses seleksi hingga enggan untuk mencoba,” katanya kepada Flightzona.

Arfita Dwi Putri memang beruntung, dia  pertama kali lamar kerja, langsung diterima jadi Flight Attendant di Garuda Indonesia. Saat proses recruitment, dia datang hanya dengan  modal nekat, kepercayaan diri, tawakal dan doa dari kedua orang tua.   Tidak ada persiapan atau gambaran apapun seperti apa seleksi pramugari itu.

“Oh ya saya ada satu tips untuk para FA wannabes yang siap mengikuti seleksi pramugari, yaitu ‘tersenyum’. Bagaimanapun situasi dan kondisinya, cobalah untuk selalu tersenyum, perlihatkan senyum manis  terbaik kalian kepada dewan juri.  Tunjukan bahwa kalian percaya diri dan memang memiliki potensi.  Bukankah dengan tersenyum juga menjadi penghilang rasa khawatir dan tegang?” kata wanita yang kini menjalin asmara dengan aktor Yama Carlos itu.

Dia mengaku sudah sudah memberi tips ini kepada beberapa teman .“Dan Alhamdulillah mereka berhasil bergabung dengan saya menjadi pramugari.”

Jika belum berhasil, pesan Fita, jangan menyerah.  “Saya mempunyai teman seperjuangan pada saat seleksi 6 tahun lalu, teman saya ini gagal pada seleksi pertama, lalu ia mencoba lagi namun gagal lagi dan lagi hingga tujuh kali.  Luar biasanya ia tidak pernah menyerah dan terus mencoba di setiap ada kesempatan hingga akhirnya dia mengudara bersama saya sampai sekarang.  Selamat mencoba untuk para FA wannabes, doa dan dukungan penuh dari saya untuk kalian. Ganbatte kudasai!”