China Bangun Pesawat Ruang Angkasa Untuk 20 Orang di Ketinggian 130 Km

tecake.in

China bersiap untuk membangun pesawat ruang angkasa terbesar di dunia pada akhir 2020. Pesawat akan bisa membawa 20 orang dan terbang 80 mil atau 130 km di atas Bumi ke stratosfer yang memberikan turis pengalaman empat menit tanpa bobot.

Pesawat telah dikembangkan oleh China Academy of Launch Vehicle Technology di Beijing.

Ide dan pembangunan pesawat dipresentasikan pada International Astronautical Congress yang diselenggarakan di Guadalajara, Meksiko bulan lalu. Menurut pengembang, pesawat akan lepas landas secara vertikal seperti halnya roket dan akan mendarat pada landasan seperti pesawat normal.

Tim pengembang menyajikan dua ide untuk pesawat  yang lebih kecil dan pesawat yang lebih besar. Pesawat kecil beratnya sekitar 10 ton dan memiliki lebar sayap 19,6 kaki (6 meter). Sementara pesawat yang lebih besar beratnya lebih dari 100 ton dengan lebar sayap 40 kaki (12 meter).

Pesawat kecil dapat membawa lima orang ke ketinggian 62 mil sedangkan pesawat yang lebih besar memiliki dapat membawa 20 orang ke ketinggian 80 mil.

“Tes penerbangan akan selesai dalam dua tahun ke depan, karena hampir semua tes darat telah selesai dan semua subsistem dari kendaraan uji bekerja sangat baik, “kata Han Pengxin sebagaimana dikutip tecake.in Sabtu 8 Oktober 2016

Satu hal yang pasti, perjalanan tidak akan murah dan tidak semua orang akan mampu melakukannya. Hanya orang dengan kantong tebal yang bisa menikmati terbang dengan pesawat ini karena perkiraan biaya sekali terbang antara US$200.000 hingga US$250.000 atau sekitar Rp2,6 sampai Rp3,2 miliar.

Beberapa peneliti lain dari dunia menghargai konsep pesawat ruang tetapi skeptis karena rencana itu tidak disajikan dalam banyak detail. Namun, pembuat pesawat percaya bahwa semakin banyak orang ingin menikmati ruang angkasa dan bersedia untuk menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan pengalaman waktu hidup. Selain itu, proyek ini ‘sangat menarik’ untuk ‘bos dan pengusaha’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.