Wings Air Berputar-putar di Udara Tak Kunjung Landing Hanya karena Bandara Belum Buka

Wings Air Buka Rute Balikpapan-Palu

Gangguan penerbangan seperti pesawat mendarat tak sesuai jadwal ternyata bisa timbul karena masalah sepele. Wings Air IW 1821 misalnya, sempat tertahan selama 20 menit di udara sebelum mendarat di Bandara Udara Frans Seda, Maumere, kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) hanya gara-gara bandara itu belum buka sehingga belum siap menerima kedatangan pesawat.

Salah seorang penumpang pesawat jenis ATR 72 jurusan Kupang-Maumere-Denpasar tersebut, Yosep Benyamin, mengatakan, dia bersama sekitar 40 penumpang lainnya terpaksa berputar-putar di atas langit Maumere selama sekitar 20 menit akibat pesawat yang tak bisa mendarat.

“Pesawat yang kami tumpangi dari Kupang menuju Maumere itu tidak bisa langsung mendarat dan kami berputar-putar selama 20 menit di atas Bandara karena menurut informasi pilot itu bandara belum dibuka dan pilot menyampaikan permohonan kepada penumpang,” kata Benyamin, yang juga adalah Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupate Sikka, Jumat (17/6/2016), seperti dikutip Kompas.

Bahkan, lanjut dia, saat menyampaikan pengumuman permintaan maaf kepada penumpang, pilot menyatakan Bandara Maumere adalah bandara termalas di dunia. Saat itu, semua penumpang berteriak kesal.

Dengan kejadian ini, Benyamin mengaku sudah tiga kali mengalami hal yang sama.

“Saya meminta agar kepala bandaranya dipecat saja karena ini pelayanan publik dan menyangkut keselamatan penumpang. Bagaimana kalau sampai terjadi kecelakaan tentu akan menjadi masalah besar,” ucapnya.

Terkait hal itu, Kepala Bandara Frans Seda Maumere, Yohanes Keraf, menjelaskan bahwa pesawat batal mendarat lantaran bandara belum dibuka pada hari itu.

“Pesawat itu berangkat dari dari Kupang lebih awal dan masuk ke bandara Maumere pada saat jam operasinya belum dibuka sehingga dari pihak tower belum mengizinkan untuk landing. Bandara ini baru mulai beroperasi pukul 8.00 Wita,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.