Air New Zealand Uji Robot untuk Deteksi Kerusakan Pesawat

    Airline of The Year 2016

    Air New Zealand sedang menguji sebuah robot kecil yang dilengkapi kamera untuk mendeteksi dan menemukan kerusakan pada pesawat.

    Teknologi ini diciptakan oleh perusahaan robot Invert Robotika dan pada awalnya dirancang untuk digunakan dalam industri susu guna mendeteksi kerusakan di dalam tangki susu

    Robot yang dikendalikan dengan remote memiliki kemampuan untuk memanjat dinding dan streaming rekaman resolusi tinggi secara real time.

    Kepala Perwira Operasi Air New Zealand Bruce Parton mengatakan maskapai mulai mengeksplorasi penggunaan robot setelah mengenali bentuk tangki susu mirip dengan pesawat pesawat.

    Invert Robotika
    Invert Robotika

    “Saat ini untuk memeriksa bagian atas badan pesawat, seperti yang kita lakukan menyusul insiden seperti sambaran petir, insinyur harus bekerja di ketinggian hingga delapan meter,” kata Parton.

    “Menggunakan teknologi ini juga dapat mengidentifikasi cacat yang tidak segera terlihat dengan mata manusia dan dengan melakukannya dari tanah maka memiliki potensi untuk membuat perawatan pesawat lebih aman dan lebih dapat diandalkan.”

    Chief executive Invert Robotika James Robertson mengatakan hal itu sangat menarik untuk bisa berkolaborasi dengan Air NZ. “Meskipun awalnya dirancang sebagai solusi susu, robot kami telah terbukti serbaguna dan berfungsi baik untuk digunakan pada pesawat,” kata Robertson. Dia berharap teknologi akan diluncurkan di seluruh industri penerbangan global.

     

    Facebook Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.