Respons atas Turbulensi United Airlines di Luar Standar

    Turbulensi United Airlines

    Irlandia mengeluarkan beberapa rekomendasi keselamatan menyusul insiden turbulensi yang dialami United Airlines dari Amerika Serikat ke Dublin. Akibat turbulensi itu, belasan penumpang terluka.

    Laporan Satuan Investigasi Kecelakaan Udara Irlandia yang dikeluarkan Rabu (11/5), mengungkapkan beberapa pramugari dan penumpang pesawat terlontar dari kursi dan membentur langit-langit kabin saat kejadian. Bahkan, ada penumpang di toilet yang terbentur lantai dan langit-langit kabin.

    Pesawat Boeing 757-200 milik United Airlines yang mengangkut 131 penumpang dan delapan awak sedang dalam perjalanan dari Newark ke Dublin pada Oktober 2013. Pesawat menukik ketika terkena turbulensi di 150 kilometer barat daya Dublin. Co-pilot dua kali mengarahkan hidung pesawat ke bawah untuk menyelamatkan pesawat yang dihantam turbulensi parah.

    Penerbangan ini kembali normal dan pesawat mendarat di Dublin.

    Sebegaimana dilaporkan rte.ie, penyelidikan menyimpulkan bahwa kesalahan teknis turut andil dalam insiden tersebut. Alat pengukur kecepatan pesawat membeku.

    Laporan tersebut juga menyatakan respons yang dilakukan awak pesawat tidak sesuai standar keselamatan.

    Laporan ini membuat total delapan rekomendasi untuk United Airlines, umumnya mengacu pada perubahan pelatihan penerbangan serta perlindungan dari pembekuan komponen pesawat.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.