Angkatan Udara India akan Akuisi 6 Airbus A330

India kemungkinan akan membeli enam pesawat Airbus  A330 untuk kemudian diubah menjadi Airborne Warning and Control Systems (AWACS).

Ketua DRDO S Christopher mengatakan saat ini rencana pembelian pesawat masih dibahas oleh Komite Kabinet Keamanan.”

“Kami berharap bahwa dalam waktu enam bulan kita akan mendapatkan izin dan pesawat pertama akan siap untuk diserahkan kepada Angkatan Udara India (IAF) dalam waktu kurang dari 84 bulan setelah penandatanganan kontrak,” katanya dikutip The Hindu Business Line Senin 13 Februari 2017.

Sebelum Airbus yang dibeli akan disebarkan sebagai platform AWACS skala penuh, Angkatan Udara India sedang membangun Centre for Airborne Systems (CABS)  yang dikembangkan dari Embraer-145 yang akan diserahkan kepada IAF pada 14 Februari 2017.

Menurut Christopher,  pada tahun 2014,  pihaknya diberi lampu hijau untuk tender  pesawat di mana sistem AWACS akan dipasang dan mengikuti persaingan global, Airbus 330 terpilih. Total enam pesawat akan dibangun untuk AWACS.

Terkait fitur AWACS dia mengatakan sistem yang  dikembangkan pada pesawat Embraer-145 memiliki pengawasan 240 derajat  dan cakupan area 240 km. Ketikananti ketika dipasang di Airbus akan memiliki pengawasan 360 derajat dengan cakupan area 300 km.