Pesawat Sipil Apa yang Terbang Paling Kenceng Saat Ini? Ini Jawabannya

Boeing 747 Garuda Indonesia

Sejarah panjang jumbo jet Boeing 747 diakui dunia menjadi inspirasi generasi pesawat berbadan besar di tahun tahun berikutnya. Selain berkapasitas ratusan penumpang, pesawat yang kini mulai dikurangi produksinya ini ternyata yang tercepat. Tentu selain Concorde.

Mantan Pilot US Airways, Jhon Cox, yang kini menjadi konsultan keamanan penerbangan menjeleaskan alasan Boeing Jumbo Jet 747 sebagai pesawat tercepat.

Menurutnya, 747 mampu terbang dengan kecepatan hingga 92% kecepatan suara atau sekitar Mach 0.92 (630 mph, 1,015 km/h) pada ketinggian 35.000 kaki. Dengan keungggulan ini, selama berpuluh puluh tahun, 747 menjadi pesawat jarak jauh yang paling legendaris.

Bolehkan Boeing 747 Diterbangkan Sendirian
Bolehkan Boeing 747 Diterbangkan Sendirian

Pada pesawat modern kecepatan di ketinggian yang sama rata-rata hanya mencapa 80% dari kecepatan suara atau sekitar mach 0.8.

Namun bukan tanpa kelemahan. Pesawat ini memakai empat mesin jet. Imbasnya konsumsi bahan bakar pesawat termasuk yang paling boros. Alasan inilah yang kemudian menjadikan pabrikan Boeing mengeluarkan kebijakan mengurangi produksi jenis ini.

Menurut Jhon, secara mesin, 747 hampir sama dengan Boeing 777. Namun Boeing 777 memiliki desain sayap yang beda. Pesawat ini tidak bisa memakai empat mesin sekaligus.

Sebenarnya bisa saja membuat 777 menjadi secepat 747 sebab memang inovasinya seperti itu. Namun tetap saja, mesin kembar (hanya dua) yang dipakai tetap saja tidak bisa menggantikan peran empat mesin sekaligus. Keunggulannya hanya pesawat mesin dua lebih hemat bahan bakar dibanding mesin empat.

1 COMMENT

  1. Artikel cukup baik, hanya masukan saja agar membiasakan yang benar untuk penulisan Mach itu setelah angka. Jadi 0.92 Mach. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.