Patriots , Klub NFL Pertama yang Punya Pesawat Sendiri

    0

    Klub American Footbal, New England Patriots telah membeli dua 767 jet dari Boeing. Dengan pembelian ini, mereka menjadi yang pertama, dan sejauh ini satu-satunya klub football AS yang memiliki pesawat sendiri.

    Juara Super Bowl lima kali ini menjadi tim pertama dalam sejarah NFL yang membeli armada pesawat mereka sendiri untuk melakukan perjalanan ke pertandingan tandang.
    ESPN menyebutkan bahwa tim tersebut membeli jet wide body dan memasangnya dengan semua kursi kelas satu.

    Setidaknya satu dari dua jet Patriots akan dilengkapi dengan logo tim. Pesawat mewah yang sedang dalam renovasi itu akan menggunakan sebagian besar kursi yang sepenuhnya bisa diluruskan untuk tidur.

    Keputusan untuk membeli pesawat sendiri ini didasari pada perhitungan, bahwa angkutan udara milik sendiri memungkinkan klub menghemat uang dalam jangka panjang. Biaya perjalanan dengan pesawat carter telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, banyak operator besar tidak lagi mengoperasikan pesawat berbadan lebih besar yang biasanya membawa tim berkeliling.

    Advertisement

    Padahal, tim NFL selalu membutuhkan kursi dalam jumlah banyak karena rombongan yang dibawa selalu sangat besar. Ruang di pesawat diperlukan untuk mengangkut seluruh anggota tim , staf pendukung, dan semua alat berat mereka.

    Tim NFL belum berpikir untuk membeli pesawat mereka sendiri di masa lalu, karena hanya ada 10 game tandang yang harus dijalani. Jumlah itu sedikit sekali dibanding misalnya klub-klub sepakbola Eropa yang nyaris sepanjang tahun memiliki jadwal tandang. ESPN menyatakan bahwa dalam 10 kali penerbangan pulang-pergi per musim sebuah klub bisa menghabiskan biaya higga 4 juta dollar AS.

    Jet yang dibeli klub ini mampu terbang dalam rentang waktu 12 jam. Satu pesawat akan digunakan sebagai pesawat utama selama musim ini, dan yang lainnya sebagai cadangan.
    Pesawat akan dioperasikan dari bandari di luar kota Providence, Rhode Island.

    Hampir sama pentingnya dengan jet yang mampu menekan biaya dalam jangka panjang, kehadiran pesawat milik sendiri akan membantu para atlet merilekskan kaki mereka selama penerbangan untuk proses pemulihan. Seperti diketahui, kursi-kursi pesawat kini semakin kecil dan itu menyiksa atlet yang baru saja bertanding karena harus melipat kaki mereka. Patriot juga akan mengizinkan pesawat tersebut disewakan pada musim ini saat mereka tidak dibutuhkan untuk perjalanan tim.

    Advertisement
    Facebook Comments
    SHARE