Dornier Seastar Generasi Baru Menyelesaikan Penerbangan Pertama

Prototipe SN1003, pesawat amfibi Dornier Seastar generasi baru berhasil melakukan penerbangan pertamanya di bandara Oberpfaffenhofen EDMO, Jerman. Penerbangan dilakukan oleh awak uji coba Dornier Seawings dan membutuhkan waktu 31 menit.

Seastar SN1003 memperoleh persetujuan yang diperlukan dari EASA dan LBA pada tanggal 19 Maret 2020 dan ini merupakan tonggak utama dan pencapaian untuk program ini.

The New Generation Seastar secara signifikan ditingkatkan dari Seastar asli yang dirancang dan dikembangkan oleh Claudius Dornier Jr pada 1980-an. Generasi Baru ini dilengkapi dengan kokpit kaca digital canggih, baling-baling baru yang sangat efisien, beberapa sistem termasuk pendingin udara dan stern thruster, ditambah struktur komposit tahan-korosi yang menghasilkan pengurangan pemeliharaan sehingga biaya pemeliharaan turun secara signifikan khususnya dalam operasi air laut.

Sebagaimana ditulis Dornier Seawing, konsep operasional Seastar adalah untuk meningkatkan perjalanan jarak pendek hingga menengah dengan biaya dan waktu penerbangan yang lebih rendah tetapi keselamatan dan kapasitas yang lebih tinggi, yang secara efisien menghubungkan darat dan laut melalui langit.

New Generation Seastar memiliki berat lepas landas maksimum 5100 kilogram, kecepatan jelajah maksimum 333 km / jam dan rentang terbang maksimum 1.667 km. Interior yang dapat disesuaikan termasuk konfigurasi kargo, VIP, penumpang dan misi khusus