Siap-Siap Take Off, Pesawat Terperosok di Sentani

    Pesawat Caravan Enggang Air jenis C-08B Reg PK-RSD yang dipiloti Kapten Tomi, co-pilot Mike Brun, dan teknisi pesawat Syahrul, Senin (9/5) pagi terperosok di taxi way ujung Bandara Kelas 1 Sentani, Kabupaten Jayapura. Diketahui pesawat gagal berbelok dan rem tak berfungsi.

    “Insiden terjadi saat pesawat akan berbelok menuju runway untuk persiapan take off menuju Mulia dengan membawa muatan kurang lebih 1.015 kilogram sembako dan tiga drum,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Patrige seperti dikutip Beritasatu.com, Senin (9/5/2016) siang.

    Dari kronologis yang diungkapkannya, sekitar pukul 07.00 WIT pesawat itu bergerak dari Appron menuju runway untuk melaksanakan take off menuju Mulia dari bandara Kelas 1 Sentani

    Sekitar pukul 07.15 WIT saat pesawat sampai di ujung taxy way dan hendak belok, kemudi gagal dioperasikan ke arah kanan maupun kiri. Akibatnya pesawat berjalan lurus. Pilot berusaha mengerem namun rem pun gagal berfungsi. Pesawat pun langsung masuk ke bibir lereng yang menyebabkan ban belakang sebelah kiri anjlog.

    Pukul 07.20 WIT, pilot melaporkan kejadian tersebut ke tower ATC Bandara Kelas 1 Sentani. Sekitar Pukul 07.40 WIT Paskhas dan Perhubungan Udara Sentani yang dipimpin Kabandara Marsma TNI Agus Suprayitno melakukan evakuasi pesawat. “Sekitar pukul 08.25 WIT pesawat berhasil di evakuasi,” ujarnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.