A-4 Skyhawk, Jet Tempur Kecil Yang Menggebrak Medan Perang

Ada beberapa pesawat paling berpengaruh dalam sejarah bukan karena memiliki teknologi rumit dan mahal , tetapi bisa melakukan pekerjaan dengan cukup baik dengan biaya yang sangat terjangkau.

Kasus itu terjadi pada jet serangan A-4 Skyhawk, sebuah pesawat kecil yang bisa mengukir tempat utama  dalam sejarah Amerika  serta sejumlah negara seperti Israel,  Argentina dan juga Indonesia

Pada tahun 1952, insinyur penerbangan Douglas Ed Heinemann berusaha menciptakan pengganti pesawat tempur AD1 Skyraider milik Angkatan Lau Amerika. Dia mengusulkan untuk mengganti salah satu pesawat pembom tempur tunggal terbesar yang pernah dibangun dengan salah satu jet tempur terkecil yang pernah ada.

Di setiap kesempatan, Heinemann merancang Skyhawk untuk mengurangi berat dan kompleksitas, hingga menghasilkan jet tempur yang hanya berukuran 12 meter dan beratnya hanya lima ton dalam kondisi kosong.

Bahkan dengan sayap delta yang rentang totalnya sedikit di atas delapan meter menjadikannya tidak perlu melipat sayapnya untuk menghemat lokasi penyimpanan di kapal induk.

Fitur ini, dikombinasikan dengan kinerja lepas landas yang membuat Skyhawk sangat berguna saat memasuki layanan pada tahun 1956, karena Angkatan Laut masih mengoperasikan sejumlah operator bertenaga konvensional yang ukurannya lebih kecil hingga ruang dek terbatas.

Didukung oleh mesin tunggal turbojet J65 dengan dua intake udara di samping, Skyhawk terbukti lincah namun tidak terlalu cepat, dengan kecepatan maksimum sekitar 670 mil per jam-tepat di bawah kecepatan suara.

Model awal Skyhawks tidak memiliki radar untuk mendeteksi dan melibatkan pesawat musuh, namun pada jarak dekat bisa menggunakan rudal Sidewinder yang mencari panas dan dua meriam 20 milimeter untuk pertahanan diri.

Tapi  yang perlu diingat tugas utama Skyhawk adalah untuk memukul target musuh, dan ini didukung dengan kemampuan membawa muatan delapan bom  yang cukup besar, yaitu 8.000 sampai 10.000  pound, yang bisa mencakup senjata nuklir.

Skyhawk murah, handal dan efektif, sehingga Angkatan Laut dan Marinir memesan ratusan pesawat ini  dengan produksi akhirnya berjumlah 2.500 dalam berbagai model.

Pada awal 1960-an, setiap kapal induk Angkatan Laut Amerika memiliki setidaknya dua skuadron serangan Skyhawks.  Supercarrier nuklir pertama bahkan memiliki empat skuadron. Skyhawk dengan cepat meningkat dalam varian A-4B dengan avionik yang ditingkatkan dan kemampuan untuk pengisian bahan bakar udara ke udara – tidak hanya dengan pesawat tanker, tapi bahkan sesame Skyhawk.

Meskipun teknik ini akhirnya tidak disukai karena kapal tanker yang berdedikasi telah tersedia, kapal tanker tersebut sudah pensiun pada pergantian abad ini, dan kemudian pengisian bahan bakar antar pesawat tempur diaktifkan kembali dengan pesawat tempur Super Hornet Angkatan Laut.

Next: Membuka dan Menutup Perang Vietnam