Airbus Ungkap Desain Pesawat Komersial Futuristik

Mengikuti serangkaian tes rahasia, Airbus telah mengungkapkan desain pesawat komersial futuristik yang menjanjikan pengurangan konsumsi bahan bakar hingga 20%.

Pembuat pesawat Perancis tersebut meluncurkan model demonstrator skala kecil yang  digunakan untuk menguji desain di Singapore Air Show 2020 Selasa 11 Februari 2020. Pesawat ini dikendalikan dari jarak jauh

Demonstrator “blended wing body” ini disebut MAVERIC  yang merupakan kepanjangan dari Model Aircraft for Validation and Experimentation of Robust Innovative Controls  dan memiliki panjang dua meter dan lebar 3,2 meter.

Pengujian dilaporkan telah berlangsung sejak Juni 2019 tetapi proyek, yang diluncurkan pada tahun 2017 tersebut dirahasiakan sampai bulan ini.

Menurut Airbus, MAVERIC akan membantu mempercepat pemahaman tentang konfigurasi pesawat baru dan menghasilkan teknologi yang diperlukan untuk menerbangkan pesawat yang sangat berbeda.

Desain “blended wing body”  atau sayap campuran yang digambarkan sebagai menyatunya sayap dan badan pesawat ini sekilas mirip dengan desain bomber siluman B-2 Amerika. Desain sayap kelelawar digunakan untuk mengurangi penampang radar dari pembom.

Lantas apa manfaatnya desain tersebut untuk penerbangan sipil?  Selain ramah lingkungan,  pembakaran bahan bakar sekitar 20% lebih sedikit dibandingkan dengan model lorong tunggal dengan mesin yang sama yang ada sekarang ini.

Airbus mengatakan konfigurasi pesawat yang tidak biasa dan luas membuka kemungkinan baru untuk desain kabin. Untuk membuktikan hal ini, perusahaan juga merilis serangkaian rendering desain yang menunjukkan bagaimana interior pesawat.

Kebisingan kemungkinan akan berkurang juga, karena mesin “terlindung” pesawat, yang dipasang di atas badan pusat.

“Airbus memanfaatkan teknologi yang muncul untuk merintis masa depan penerbangan,” kata Jean-Brice Dumont, Wakil Presiden Eksekutif Teknik di Airbus sebagaimana dikutip CNN Selasa 11 Februari 2020.

“Dengan menguji konfigurasi pesawat yang mengganggu, Airbus dapat mengevaluasi potensi mereka sebagai produk masa depan yang layak.”

Airbus mengatakan pesawat-pesawat sayap campurannya akan membuka kemungkinan baru untuk desain kabin.

Airbus mengakui desainnya radikal. Bahkan,  beberapa insinyur  berpikir program ini tidak akan berhasil, mengingat itu adalah perubahan total dari arsitektur pesawat tradisional.

“Awalnya, banyak yang menganggap proyek MAVERIC hanya sebagai ‘hobi,’ atau, dengan kata lain, proyek yang tidak akan banyak dipelajari oleh Airbus,” kata Adrien Bérard, co-leader proyek MAVERIC.

“Jadi kami harus membuktikan mereka salah dengan menunjukkan bahwa kami dapat memberikan dasar yang sangat baik untuk konfigurasi pesawat masa depan.”

Tes MAVERIC akan dilanjutkan hingga pertengahan 2020 tetapi perusahaan mengatakan tidak ada batas waktu tertentu untuk masuk ke layanan.

Dumont menegaskan program ini “bisa berperan dalam membawa perubahan arsitektur pesawat komersial untuk masa depan yang ramah lingkungan untuk industri penerbangan.”

Airbus bukan pembuat pesawat komersial pertama yang mencoba-coba desain sayap campuran. Pada 2007, Boeing bekerja sama dengan NASA  membuat prototipe sayap campuran X-48B. Demonstratornya menerbangkan total 122 penerbangan, dengan proyek berakhir pada 2013.

KLM maskapai penerbangan Belanda mengumumkan tahun lalu bahwa pihaknya membantu mendanai pengembangan desain pesawat berbentuk V yang efisien bahan bakar dan dikenal sebagai Flying-V, yang dimaksudkan untuk mengangkut lebih dari 300 penumpang dan menawarkan efisiensi bahan bakar 20% dibanding dengan pesawat dengan kapasitas sebanding.