Jadi Negara Ketiga di Eropa, F-35 Norwegia Kini Siap Jalankan Misi

Setelah melalui fase uji dua tahun, jet tempur F-35 Norwegia yang diuji dari Ørland ke Pangkalan Pertahanan Udara di Rygge dan sekarang siap untuk misi pertama mereka.

Dengan selesainya langkah ini, Norwegia menjadi negara Eropa ketiga yang  mencapai kemampuan operasional awal atau initial operational capability  (IOC) jet tempur siluman tersebut setelah Italia dan Inggris. Pencapaian Norwegia ini sesuai dengan target yang ditetapkan pada 2011 lalu.

“Ini adalah hasil dari kerja keras selama bertahun-tahun di sebagian besar sektor pertahanan. Sekarang F-35 dapat membantu menyelesaikan krisis nasional dan mencegah ancaman terhadap kedaulatan Norwegia ,” kata  Menteri Pertahanan Frank Bakke-Jensen.

Menurut Departemen Pertahanan, Angkatan Udara Norwegia sekarang dapat merespons dengan cepat menggunakan pesawat F-35 jika terjadi insiden dan krisis di Norwegia, perairan teritorial Norwegia, dan daerah sekitarnya.

Tiga jet tempur F-35 pertama mendarat di tanah Norwegia pada November 2017 lalu. Sejak itu Angkatan Udara Norwegia menguji secara intensif bagaimana pesawat mengatasi kondisi spesifik Norwegia. Antara lain, misi dan kolaborasi di musim dingin dengan Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Pasukan Khusus.

Pesawat sementara ada di Rygge  dan kemudian akan kembali ke Ørland, di mana 15 dari 22 F-35 Norwegia akan berbasis dan beroperasi. Tujuh lainnya sementara saat ini telah diposting ke Pangkalan Angkatan Udara Luke di Amerika untuk tujuan pendidikan.

Facebook Comments