Tonggak Pengembangan Pesawat Bisnis dengan Kemampuan VTOL, Prototipe TriFan 600 Terbang

0
XTI

XTI Aircraft menerbangkan prototipe skala 65% dari TriFan 600 yang menandai tonggak utama dalam pengembangan pesawat bisnis dengan kemampuan takeoff dan mendarat secara vertikal atau vertical take-off and landing (VTOL).

XTI melaporkan TriFan menyelesaikan beberapa lepas landas, melayang, dan mendarat, dari bandara Placerville di California utara, tempat model itu dibangun. Sorti yang dilakukan 8 Mei 2019 tersebut dirancang untuk menguji dan memvalidasi motor listrik, sistem tenaga baterai, propulsi, kontrol penerbangan, sistem listrik lainnya dan instrumentasi.

“Saya sangat senang dengan kinerja prototipe,” kata kepala eksekutif XTI Robert LaBelle sebagaimana dilaporkan Flightglobal Senin 13 Mei 2019. “Kami menjalankannya selama beberapa jam selama dua hari dan tidak mengalami kegagalan. Baterai dan listrik bekerja dengan baik dan ada banyak daya yang tersedia.”

LaBelle menggambarkan penerbangan pertama sebagai waktu “saat seluruh tim XTI, investor, pelanggan, dan banyak lainnya telah menunggu “.

Dia menambahkan dalam satu tahun, start-up yang berbasis di Denver telah berkembang dari desain konseptual menjadi prototipe terbang.

Rangkaian evaluasi berikutnya – yang diperkirakan akan memakan waktu empat hingga enam bulan – juga akan menguji pesawat VTOL di depan, ┬ádan menunjukkan transisi antara penerbangan vertikal ke horizontal.

LaBelle mengatakan pekerjaan akan dimulai dalam waktu satu tahun untuk membangun prototipe skala penuh pertama, yang rencananya akan terbang pada akhir tahun 2020.

XTI

XTI telah mengamankan pemesanan 77 pesawat hingga saat ini, yang menurut LaBelle mewakili US$ 500 juta dari pendapatan masa depan. Pengembangan TriFan didanai oleh pendiri dan ketua XTI David Brody.

Diluncurkan pada 2013, TriFan menggabungkan “kecepatan, jangkauan, dan kenyamanan” dari pesawat bisnis mewah dengan kemampuan lepas landas dan pendaratan ala helikopter. Sistem propulsi menggunakan tiga kipas, masing-masing digerakkan oleh dua motor listrik bertenaga baterai. Seluruh sistem ini ditenagai oleh satu turboshaft Honeywell HTS900.

TriFan dengan enam kursi dan teknologi fly-by-wire memiliki kecepatan jelajah yang diproyeksikan 560km / jam, kisaran 2.220 km dan akan dapat terbang hingga ketinggian 29.000 kaki dalam 10 menit.

 

Facebook Comments