Terbangkan Pesawat Tanpa Radar Cuaca, Maskapai Digugat

    Biro Administrasi Penerbangan Federal Departemen Perhubungan Amerika Serikat (FAA) sedang mengajukan tuntutan pidana sebesar 869.125 dollar AS. Yang digugat adalah Compass Airlines. Penyebabnya, karena maskapai itu diduga gagal memberikan awak pesawatnya, informasi cuaca yang standar dan lengkap.

    FAA menuduh perusahaan tersebut, yang menjalankan bisnis sebagai Delta Connection, mengoperasikan 47 penerbangan antara 18 Mei 2015 sampai 19 Juni 2015 tanpa menggunakan sistem yang disetujui untuk mendapatkan ramalan dan laporan cuaca. Compass terbang ke dan dari Monterrey, Meksiko, tanpa informasi meteorologi yang signifikan dari pemerintah Meksiko. Padahal, informasi penerbangan itu sangat diperlukan oleh awak kokpit.

    “Sangat penting bahwa semua operator memiliki informasi cuaca yang lengkap dan akurat. Itu memastikan mereka mengetahui turbulensi udara yang berbahaya, badai petir dan guncangan angin dataran rendah, yang semuanya dapat mempengaruhi keselamatan penerbangan,” kata Administrator FAA, Michael Huerta.

    FAA selanjutnya menuduh bahwa Compass tidak memberikan informasi yang cukup bagi personil operasinya tentang kondisi meteorologi yang berpotensi menimbulkan bahaya. Compass diberi waktu 30 hari sejak menerima surat penalti FAA untuk menanggapi agensi tersebut.