Pamer Kokpit ke Medsos, Pilot Dihukum

Ini menjadi peringatan bagi pilot yang ketagihan media sosial. Pilot Air China dihukum karena merekam dan mengunggah aktivitasnya di dalam kokpit ke video online. Pilot itu dicerca karena dianggap mewakili tindakan tidak adil terhadap penumpang.

Pilot bernama Andy itu mengunggah aktivitasnya secara real time ke akun Weibo miliknya. Video itu menjadi terkenal di China. Tak kurang dari 72.000 orang melihat video tersebut di Weibo, media sosial (medsos) mirip Twitter di China. Andy kemudian mendapatkan kecaman keras dari netizen.

“Kenapa para penumpang diwajibkan mematikan alat-alat digital mereka sedangkan pilot boleh mengabaikan peraturan tersebut?” tulis seorang pengguna, seperti dikutip The Independent, Minggu (3/4/2016).

Air China kemudian menangguhkan Andy dari segala aktivitas penerbangan. Aksinya merekam aktivitas di kokpit itu dinilai dapat mempengaruhi emosi selama penerbangan. Maskapai hanya menyatakan Andy dikenai sanksi disiplin tanpa menjelaskan sanksi seperti apa yang dikenakan.

Akun Weibo Andy masih aktif. Namun, gambar serta video aksinya di kokpit pesawat telah dihapus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.