Gandeng Delta dan Alaska, SkyWest Tambah Pesawat

    Maskapai SkyWest telah menandatangani perjanjian pembelian pesawat terbang bersama dua maskapai Amerika. Pesawat yang dibeli berjumlah 15 unit, dibayar bersama Delta Air Lines dan lima pesawat baru tambahan dengan pembiayaan bersama Alaska Airlines.

    Pesawat-pesawat itu akan mulai dikirimkan dari September 2017 sampai akhir 2018. Pesawat ini akan dioperasikan oleh SkyWest Airlines, anak perusahaan yang sahamnya sepenuhnya dimiliki SkyWest sebagai perusahaan induk.

    Dari 20 pesawat itu, 15 pesawat merupakan seri Embraer E175 SC dan akan terbang di bawah kesepakatan dengan Delta dengan konfigurasi 70 kursi. Pesawat E175 SC memiliki body pesawat E175 sebagai seri induknya, yang dapat dipasang hingga maksimal 76 kursi. Sedangkan Kesepakatan dengan Alaska Airlines mencakup lima Embraer E175s, dengan konfigurasi 76 kursi, mirip dengan pesawat milik SkyWest yang sudah dioperasikan sebelumnya.

    Bulan lalu, SkyWest juga menyatakan bahwa mereka telah membeli 25 pesawat baru. Dengan demikian, secara kumulatif mereka sudah belanja 45 pesawat baru. SkyWest mengharapkan untuk menginvestasikan sekitar 161 juta dollar AS tunai untuk mengakuisisi 45 pesawat ini, dan dananya diperoleh dari kas dan juga hutang. Sebagian besar pesawat diharapkan sudah dapat dioperasionalkan pada pertengahan 2018.

    Pembelian dengan skema kerja sama dengan maskapai lain ini meringankan. Dengan skema tersebut, beban operasional akan ditanggung bersama, tergantung perjanjian yang dilakukan. Dengan mengoperasikan pesawat di bawah satu nama, maskapai lain sebagai investor tidak perlu membentuk perusahaan baru.

    Facebook Comments