Mengapa Kebanyakan Pesawat Dicat Putih?

Garuda Layani Penerbangan Langsung Solo-Jeddah

Pernahkah Anda berpikir kenapa sebagian pesawat sipil sebagian besar memiliki warna putih? Tentu saja ada garis, dekorasi atau tulisan yang tidak putih, tetapi bahwa sebagian besar warna badan pesawat adalah putih merupakan sebuah fakta.

Kenapa harus begitu? Ternyata ada beberapa alasan untuk menjelaskan hal tersebut sebagaimana dikutip dari scienceabc.com.

Thermal Advantage

warna putih adalah reflektor yang sangat baik untuk sinar matahari, dan mementalkan hampir semua cahaya yang jatuh di atasnya, tidak seperti warna lain, yang menyerap cahaya.

Jika Anda punya pesawat dan berwarna selain putih, itu akan menyerap sinar matahari dan memanaskan tubuh pesawat, yang merupakan sesuatu yang ingin Anda hindari.

Putih, di sisi lain, mencerminkan sinar matahari itu dan mengurangi masuknya panas ke dalam pesawat. Kondisi ini baik, tidak hanya ketika pesawat sedang terbang, tetapi juga ketika diparkir di landasan pacu, karena membutuhkan waktu yang panjang untuk mendinginkan diri setelah duduk di lingkungan yang cerah panas.

Memudahkan Pemeriksaan

Pesawat secara teratur menjalani pemeriksaan untuk meneliti kemungkinan keretakan, penyok, dan bentuk kerusakan permukaan lain. Tidak ada yang bekerja lebih mudah untuk mencari kerusakan permukaan daripada putih karena keretakan pasti akan berwarna lebih gelap dibandingan putih

Putih juga akan mempermudah untuk mencari bagian yang korosi dan bintik-bintik kebocoran minyak  karena mereka juga meninggalkan jejak berwarna gelap. Plus dengan warna putih pesawat akan lebih mudah dicari ketika jatuh apalagi di malam hari.

Cat Mahal

Mengecat pesawat terbang tidak seperti lukisan pagar. Hal ini membutuhkan investasi yang cukup besar, baik dari segi uang, tenaga, dan waktu. Cat biasa pada Boeing atau Airbus membutuhkan waktu antara dua dan tujuh hari, tergantung pada anggaran Anda.

Plus, lebih banyak cat di badan pesawat berarti akan menam bah berat keseluruhan pesawat yang secara efektif berarti akan meningkatkan biaya operasi.

Nilai Jual Rendah

Jika anda memiliki pesawat dengan cat warna warni dan Anda ingin menjualnya, Anda harus mengharapkan ada keberuntngan.

Karena nilai jual pesawat seperti ini akan lebih rendah. Kenapa? Karena pembeli harus mengeluarkan biaya lagi untuk mengembaliakn warna pesawat ke dominant putih.

Lebih Awet

Ketika terbang di ketinggian, pesawat akan menemui berbagai kondisi atmosfer, pesawat terbang berwarna cenderung memudar, sehingga membutuhkan banyak pengecatan ulang untuk menjaga estetika mereka.

Sementara pesawat berwarna putih tidak akan mengalami perubahan secara signifikan, bahkan setelah menghabiskan cukup banyak waktu di udara.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.