Teknologi Baru Pesawat Pemadam Kebakaran

Perusahaan bernama General Atomics Aeronautical Systems yang berbasis Poway akan menyediakan teknologi baru bagi kota San Diego, Amerika Serikat. Teknologi ini berbasis pesawat terbang untuk memperbaiki komunikasi antara petugas pemadam kebakaran saat terjadi kebakaran hutan.

Banyak riset menemukan fakta bahwa upaya pemadaman kebakaran kadang menjadi sulit karena komunikasi yang tidak lancar. Meskipun berbagai upaya dilakukan, api dan asap serta situasi yang mengelilinginya tetap menjadi kendala. Dengan teknologi baru ini, pesawat pemadam kebakaran akan memberikan panduan yang lebih baik berdasar kondisi lapangan.

Pada tahap pertama kesepakatan antara perusahaan dan pemerintah kota ini, petugas pemadam kebakaran San Diego akan mengendarai sebuah pesawat General Atomics yang dilengkapi dengan sensor yang berfokus pada pengumpulan rincian tentang perilaku dan lokasi kebakaran. Informasi tersebut kemudian dapat disampaikan kepada pejabat di lapangan untuk memastikan petugas pemadam kebakaran dikirim ke tempat yang paling efektif.

Walikota San Diego Kevin Faulconer menyebut kesepakatan tersebut sebagai “game changer” dalam upaya pemadaman api. Dengan menggunakan teknologi yang telah terbukti dengan cara yang inovatif, petugas pemadam kebakaran dapat memadamkan api lebih efisien, melindungi lingkungan dan menyelamatkan nyawa. Warga San Diego mungkin yang pertama mendapatkan keuntungan dari kemitraan ini, tapi saya yakin bahwa solusi ini akan direplikasi di seluruh negeri,” kata Faulconer.

Ke depan, pesawat King Air akan dilengkapi peralatan untuk membentuk jaringan udara, membantu petugas darurat yang bekerja di lokasi dengan cakupan sel terbatas, atau di mana menara sel rusak. Komunikasi yang andal dan informasi yang akurat sangat penting saat melawan api. Aplikasi baru ini akan memberi petugas pemadam kebakaran data paling tepat yang pernah didapatkan selama keadaan darurat. “Kami berharap bisa bekerja sama dengan General Atomics selama kemitraan kami dan membantu mereka mengeksplorasi cara baru teknologi mereka dapat digunakan untuk kepentingan publik,” kata Kepala Dinas Penanggulangan Bencana San Diego, Brian Fennessy

Linden Blue, CEO General Atomics Aeronautical, mengatakan bahwa sistem tersebut mencakup teknologi yang serupa dengan yang diberikan kepada militer untuk mengumpulkan informasi intelijen dan pengintaian.