Ingat! Maskapai Skyteam Pindah ke Terminal 3 Soetta

Ingat, mayoritas maskapai asing akan pindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Juli hingga Agustus 2017. Catat waktunya agar tidak salah pilih terminal.

Setelah Garuda Indonesia, Saudi Arabian Airlines kini juga telah beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, mulai Senin 10 Juli 2017. Kemudian Vietnam Airlines menyusul pindah ke Terminal 3 pada 12 Juli 2017. Vietnam Airlines masih tetap melayani penerbangan rute Jakarta-Hanoi dan Jakarta-Ho Chi Minh. Keseluruhan penerbangan tersebut akan beroperasi dengan memakai pesawat wide body Airbus 320 NG.

Senior General Manager Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan mengatakan bahwa sejumlah maskapai internasional yang tergabung dalam Skyteam sengaja dipindahkan dari Terminal 2 ke Terminal 3 untuk mengurangi kepadatan. “Korea Air, Xiamen Airlines, dan China Airlines, Masing-masing maskapai dijadwalkan beroperasi di Terminal 3 mulai 17 Juli untuk Korea Air, 30 Juli untuk Xiamen Air, sedangkan China Airlines beroperasi pada 8 Agustus 2017,” kata M. Suriawan Wakan.

Wakan menambahkan bahwa seluruh maskapai yang dipindah ke Terminal 3 tersebut merupakan anggota dari aliansi penerbangan Skyteam. Ditargetkan, seluruh penerbangan internasional dari Bandara Soekarno-Hatta akan diterbangkan dari Terminal 3 pada tahun ini. “Kami telah merancang perpindahan operasional dengan matang, termasuk menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” sambungnya.

Awal pekan kemarin, maskapai Saudi Arabian Airlines resmi beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat perdana Saudi Arabian SV 816 rute Jeddah-Jakarta mendarat di Terminal 3 pada pukul 09.00 WIB, membawa 398 penumpang, yang terdiri dari 28 penumpang bisnis, 365 penumpang ekonomi, dan 21 cabin crew.

Selayaknya penerbangan perdana, proses penyambutan penumpang dan pemberian kalungan bunga cabin crew dilakukan oleh pihak PT Angkasa Pura II di gate keluar penumpang. Sebelumnya, Saudi Arabian Airlines beroperasi di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, dan menjadi maskapai pertama selain Garuda Indonesia yang dipindah ke Terminal 3.

Terminal 3 telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti baggage handling system (BHS), layar flight information display system (FIDS), dan aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, dan melihat jadwal penerbangan. Terminal paling anyar ini juga didukung dengan 64 counter imigrasi, masing-masing 32 counter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan.