Kalstar Mulai Operasikan ATR-42 di Tanjung Selor

    ilustrasi/ Photojet.net

    Pesawat Kalstar jenis ATR-42 sudah mulai beroperasi di Bandar Udara Tanjung Harapan yang berada di Tanjung Selor, Ibu Kota Kalimantan Utara (Kaltara).

    Branch Manager Kalstar Aviation Tanjung Selor Tri Wahyu Arum di Tanjung Selor, Senin menjelaskan bahwa penerbangan pasawat ATR-42 yang telah dibuka sejak 3 November kemarin, merupakan pesawat yang bersifat sementara.

    “Seharusnya dari schedule-nya kita sudah menggunakan ATR-72. Namun sambil menunggu maintenance (perawatan) selesai, kita gunakan ATR-42 dulu. Kalau sudah siap kita langsung tukar,” ungkapnya.

    Penerbangan dengan rute baru tersebut dari Tanjung Selor menuju Balikpapan, Toli-Toli hingga Palu Sulawesi Tengah.

    “Untuk pesawat Kalstar ATR-42 tersebut memberikan kapasitas penumpang hingga 49 orang,” tambahnya.

    Dirinya juga mengatakan, dengan memberikan fasilitas penerbangan langsung menuju Balikpapan, maka akan mempermudah seluruh penumpang. Sebab selama ini harus melalui Bandara Internasional Juwata Tarakan.

    “Bagi mereka yang mau ke Jawa maupun daerah lain di luar Kalimantan sudah diberikan fasilitas tidak melalui Tarakan lagi, namun bisa langsung Balikpapan,” katanya.

    Hal tersebut juga dikatakan Sekertaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Drs.H. Badrun yang juga turut menggunakan layanan pesawat ATR-42 dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Tanjung Selor.

    Mantan Sekretaris Kota (Sekkot) Tarakan ini mengatakan, dengan adanya penerbangan tersebut akan mempermudah pelayanan kepada pemerintah maupun para pengusaha di Tanjung Selor.

    “Hal tersebut merupakan langkah awal yang baik untuk pelayanan yang cepat terhadap masyarakat,” ujarnya sebagaimana dilansir Antara.