AirAsia Terapkan Teknologi Otomatisasi Bagasi di Bali

AirAsia Mulai Penerapan Teknologi Otomatisasi Bagasi di Bali

AirAsia mengenalkan teknologi baru dalam otomatisasi penyerahan bagasi atau auto bag drop atau self bag drop, untuk  mempermudah pelayanan kepada penumpang. Program baru ini diluncurkan di Bali dan diklaim merupakan inovasi pertama di Indonesia.

Dengan teknologi self service bagi customer ini, maka personel untuk mengurusi bagasi di bandara itu bisa dipangkas. Konsumen AirAsia harus melayani dirinya sendiri untuk mengurus bagasinya, mulai dari pemasangan label bagasi hingga verifikasi.

Auto Bag Drop mempermudah penumpang yang telah memiliki boarding pass untuk melakukan proses penyerahan bagasi tanpa bantuan petugas,” kata Direktur Komersial AirAsia Indonesia, Andy Adrian Febryanto, saat peluncuran di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, di kawasan Kuta, Badung, Selasa (28/6/2016).

Fasilitas self bag drop itu dapat digunakan penumpang yang telah memiliki boarding pass tiga hingga satu jam sebelum jadwal keberangkatan internasional atau dua hingga satu jam sebelum keberangkatan domestik.

Sebelum menuju konter penyerahan bagasi otomatis itu, penumpang terlebih dahulu melakukan pelaporan mandiri atau self-check in di kios yang telah disediakan.

Di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai terdapat tujuh mesin kios dan konter yakni tiga di keberangkatan internasional dan empat di keberangkatan domestik.

Di kios tersebut penumpang harus menimbang bagasi sebelum memasukan kode pemesanan tiket untuk selanjutnya mengisi data sesuai dengan petunjuk yang tertera pada layar mesin kios pelaporan tersebut. Penumpang juga harus melakukan konfirmasi beberapa pertanyaan khusus terkait barang yang ada di dalam bagasi.

Apabila telah selesai, maka mesin otomatis akan mengeluarkan tanda atau label bagasi penumpang sekaligus boarding pass. Pemasangan label bagasi dipasang sendiri oleh penumpang. Proses yang dibutuhkan dalam simulasi itu kurang dari tiga menit.

Selanjutnya penumpang membawa bagasinya ke konter Auto Bag Drop dengan memindai boarding pass dan label bagasi untuk selanjutnya mengisi verifikasi pada layar monitor. Setelah proses selesai, bagasi siap dibawa masuk ke dalam pesawat.

Andy lebih lanjut menjelaskan bahwa bagasi tidak dapat diterima akibat keterlambatan dalam penyerahan atau hal lain, mesin Auto Bag Drop akan secara otomatis membatalkan proses. Selain itu, petugas AirAsia juga akan mengawasi barang bawaan penumpang yang masuk ke konter Auto Bag Drop.

Bagasi yang melebihi ukuran, berat, atau membutuhkan penanganan khusus, akan diarahkan untuk diproses secara manual.

Fasilitas self service untuk bagasi penumpang telah diterapkan di Bandara Changi, Singapura. (futuretravelexperience.com)
Fasilitas self service untuk bagasi penumpang telah diterapkan di Bandara Changi, Singapura. (futuretravelexperience.com)

Fasilitas tersebut diharapkan dapat mempersingkat waktu layanan konter secara signifikan sehingga penumpang dapat terhindar dari antrian panjang di konter konvensional.

Penempatan fasilitas yang pertama kalinya di Bali mengingat Pualu Dewata merupakan pintu sttategis maskapai penerbangan itu termasuk mengantisipasi lonjakan wisatawan domestik pada libur lebaran dan juga wisawatan asing. “Bali menjadi program percontohan dan rencananya kami akan aplikasikan di bandara lainnya di Indonesia,” katanya. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.