Suasana Haru Warnai Penerbangan Perdana dari Zaventem

Suasana Haru Warnai Penerbangan Perdana dari Zaventem

Satu pesawat Brussels Airlines lepas landas dari Zaventem, Brussels, Belgia, menuju Kota Faro, Portugal, Minggu (3/4/2016) menjadi pesawat yang melakoni penerbangan perdana sejak bandara itu dihantam Selasa (22/3/2016) lalu.

Sebuah upacara penerbangan perdana larut dalam keharuan di Bandara Zaventem pada Minggu pagi. Linangan air mata haru para pejabat pemerintah dan pekerja bandara serta pengheningan cipta selama semenit menandai pembukaan kembali layanan itu.

Di landasan pacu, kendaraan pemadam kebakaran dan polisi berbaris di dua sisi pesawat. Mereka membentuk barisan kehormatan sebelum pesawat bergerak. Tepuk tangan meriah mengantar pesawat lepas landas menuju Faro. “Kamis sudah kembali,” kata Chief Executive Bandara Zaventem, Arnaud Feist.

Penumpang di pesawat itu adalah yang pertama merasakan rezim keamanan baru lebih ketat. Koordinasi keamanan lebih tegas sejak serangan bom kembar pada 22 Maret di bandara, yang diikuti serangan di stasiun metro Maalbeek, sehingga menewaskan total 32 orang.

Seluruh penumpang untuk penerbangan perdana itu diharuskan datang tiga jam sebelum keberangkatan. Mereka datang hanya dengan menggunakan mobil dan tidak ada yang naik kereta bawah tanah atau metro.

Mereka diantar ke tenda putih besar di luar terminal yang digunakan sebagai fasilitas darurat untuk check-in. Mereka melewati detektor logam dan semua tas bawaan mereka diperiksa saksama.

Polisi dan tentara bersenjata lengkap berjaga-jaga di jalan akses ke bandara. Mereka ditempatkan di seluruh zona yang ditetapkan dan bersifat sementara pula.

Jumlah penerbangan akan ditingkatkan secara bertahap dalam beberapa hari mendatang, meskipun bandara hanya akan bisa bekerja dengan kapasitas 20%, yang melayani 800 sampai 1.000 penumpang per jam.

Otoritas bandara mengatakan, perlu waktu berbulan-bulan untuk memperbaiki kembali ruang keberangkatan yang hancur akibat ledakan bom. (SUMBER: independent, FOTO: timesofisrael.com/AFP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.