Turkish Airlines Pesan 40 Boeing 787-9 Dreamliners

    Turkish Airlines telah mengumumkan bahwa mereka memesan 40 Boeing 787-9 Dreamliners. Harga yang harus dibayar untuk seluruh pesawat ini diperkirakan sekitar 11 miliar dolar AS.

    M. İlker Aycı, ketua dewan dan komite eksekutif, Turkish Airlines mengatakan bahwa Boeing 787 Dreamliner adalah pesawat berteknologi paling maju di dunia. “Tujuan kami membeli Dreamliner ini adalah untuk memenuhi permintaan pesawat terbang berbadan lebar di hub kami yang ketiga, dan lebih memperkuat kapasitas armada kami pada ulang tahun ke-100 dari Republik Turki, dan untuk meningkatkan kepuasan penumpang,” kata Ayci.

    Bagi Boeing sendiri, Turkish Airlines adalah mitra kuat mereka. Sejak puluhan tahun yang lalu, kedua perusahaan ini telah bekerja sama dalam koneksi istimewa. Turki sebenarnya telah tertarik membei pesawat Boeing 787 sejak beberapa tahun yang lalu. Sebuah sumber mengatakan bahwa maskapai tersebut sebenarnya sedang dalam proses pesanan untuk pesawat generasi baru pada tahun 2016. Namun dunia kemudian tahu bahwa ada upaya kudeta di Turki ketika itu, dan juga beberapa serangan teroris yang membuat ekonomi negara tersebut rapuh.

    Kini, setelah ekonomi tumbuh kembali dan negara stabil, Turki mewujudkan mimpi lamanya untuk memesan Boeing terbaru. “Hubungan Boeing dengan Turki terbentang lebih dari 70 tahun dan kami memiliki kemitraan jangka panjang yang luar biasa,” kata Ray Conner, wakil ketua Boeing.

    Boeng juga meyakini bahwa bekerja sama dengan Turki, akan membawa mereka dalam kolaborasi ke tingkat lebih jauh. Keduanya akan mampu mempercepat pertumbuhan industri kedirgantaraan Turki. Dan bagi Boeing sendiri, ini adalah upaya untuk memperkuat pasar mereka di kawasan strategis itu.

    Pesanan Dreamliner ini juga disertai rumor bahwa maskapai ini mungkin akan memesan lagi Boeing 747-8i di masa depan. Turkish Airlines sendiri adalah satu dari sedikit maskapai di dunia yang terus mengoperasikan pesawat Boeing, dan terutama berminat pada seri 747-8.

    Turkish Airlines mengoperasikan lebih dari 280 pesawat dan melayani hampir 300 tujuan. Armada widebody Turki saat ini terdiri dari lebih dari 50 buah pesawat Airbus A330 dan ada pula sekitar 33 armada Boeing 777-300ER. Sisanya adalah sejumlah pesawat seri baik dari Airbus maupun Boeing.