Kena Petir, Flybe Putar Balik

0

Sebuah pesawat terpaksa kembali ke bandara Belfast, Skotlandia setelah disambar petir pada Minggu sore kemarin.

Pesawat Flybe, yang melakukan perjalanan dari George Best, Belfast City Airport menuju ke East Midlands membawa 74 penumpang. Pilot memutuskan bahwa pesawat harus berbalik pada pukul 15.30 hari Minggu. Seluruh penumpang dinyatakan aman tanpa gangguan meski mengalami shock. Pesawat itu sendiri masih dalam pemeriksaan para teknisi untuk mengetahui apakah ada yang harus diperbaiki.

Richard Lennon, seorang penumpag dalam penerbangan ini mengatakan bahwa penumpang semua kaget dengan apa yang terjadi. Dia mengatakan bahwa mereka kira-kira baru terbang sekitar 15 menit. Lennon melihat ke luar jendela, melihat secercah cahaya dan percikan api. Awalnya dia mengira seekor burung terbang terhisap ke mesin. Namun pilot kemudian menyatakan bahwa pesawat telah terkena petir dan mengatakan bahwa pesawat perlu balik dan terbang kembali ke Belfast.

“Itu bukan ledakan besar tapi Anda bisa melihat kilatan cahayanya, Semua orang saling pandang dan bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Staf di kabin pesawat merespon dengan sangat baik dan memastikan semua orang baik-baik saja. Seorang anggota staf di pesawat mengatakan mereka telah terbang 19 tahun dan baru melihat petir semacam itu tiga kali saja,” ujar Lennon.

Advertisement

Juru bicara Flybe mengatakan bahwa penerbangan BE365 yang menjalani rute dari George Best, Belfast City Airport ke East Midlands kembali dari udara sebagai tindakan pencegahan karena sambaran petir. Pesawat mendarat seperti biasa dan 74 penumpang dan awak turun tanpa insiden. “Para teknisi sedang memeriksa pesawat terbang. Maskapai akan mengatur penerbangan pengganti agar penumpang dapat menyelesaikan perjalanan mereka sesegera mungkin. Keamanan penumpang dan kru selalu menjadi prioritas nomor satu Flybe,” ujarnya.

Advertisement
Facebook Comments
SHARE