AP II Ditunjuk Jadi Operator Pondok Cabe

Menteri Perhubungan dikabarkan telah menunjuk PT Angkasa Pura II (persero) yang menjadi pengatur penerbangan di Bandara Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Adapun PT Pertamina (persero) sebagai pemilik wilayah bandara dan PT Garuda Indonesia sebagai maskapai yang akan beroperasi di sana.

“Kesimpulan dari Menteri Perhubungan, kepada Garuda dan Pertamina silahkan koordinasikan dengan AP II karena yang rekomendasi dari Kementerian Perhubungan,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo di Kementerian BUMN, Kamis (11/2/2016).

Semula, Garuda Indonesia akan menjadi operator resmi bandara Pondok Cabe. Namun setelah rapat koordinasi dengan Kemenhub, diputuskan bahwa Garuda hanya sebagai pengguna bandara, AP II sebagai pengatur, dan Bandara Pondok Cabe tetap dimiliki PT Pertamina. “Garuda kan pengguna saja, yang punya Pertamina, AP II yang mengatur,” kata Arif.

Rencana pengembangan Bandara Pondok Cabe sebagai bandara komersial memang menghadapi banyak persoalan.Paling utama adalah ruang udara di wilayah tersebut yang bertabrakan dengan jalur lintas udara Bandara Halim Perdana Kusuma.

PT Garuda Indonesia Tbk akan memanfaatkan Bandara Pondok Cabe untuk penerbangan jarak pendek menggunakan armada pesawat ATR 72-600. Pesawat baling-baling bermesin turboprop ini memiliki kapasitas 70 penumpang, sehingga cocok untuk melayani rute-rute pendek.

Saat ini, Pertamina sedang melakukan overlay atau pengaspalan ulang terhadap runway di Bandara Pondok Cabe. Pertamina juga melakukan renovasi dan pengembangan terminal untuk mendukung penerbangan Garuda Indonesia.

Tahap Awal di Pondok Cabe, Garuda Indonesia Uji Coba 2 Pesawat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.