Mengenal 39 Jenis Pesawat Angkatan Udara Amerika

C-17

Angkatan Udara Amerika Serikat harus diakui sebagai kekuatan yang sangat dilengkapi dengan platform terbaik, terutama pesawat terbang.

Mereka memiliki puluhan jenis pesawat dengan fungsi dan kemampuan masing-masing.

Angkatan Udara Amerika Serikat dilengkapi denganĀ 39 jenis pesawat yang berbeda ditambah dengan sub varian dari masing-masing pesawat menjadikan Amerika akan memiliki persediaan pesawat untuk berbagai misi yang diperlukan.

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu secara rinci jenis pesawat apa saja yang ada di hanggar USAF? Mari kita lihat 39 jenis pesawat yang mereka miliki.

Daftar ini belum memasukkan F-35A yang sejauh ini belum dinyatakan mencapai kemampuan akhir.

a-10 5

A-10 Thunderbolt II

Dirancang khusus untuk melaksanakan dukungan udara jarak dekat pada ketinggian rendah dan terbang pelan. A-10 mampu untuk lepas landsa dan mendarat dari landasan tanah sehingga bisa dikirimkan sangat dekat dengan garis pertempuran hingga mempercepat respons mereka ketika ada pasukan darat yang membutuhkan dukungan.

4th Special Operations SquadronAC-130

Terdiri dari varian AC-130U “Spooky” dan AC-130W Stinger II. Kedua varian dimodifikasi dari pesawat C-130. Pesawat ini juga mengemban misi dukungan udara jarak dekat, mengawal konvoi dan titik pertahanan udara.

b-1 2

B-1B Lancer

Salah satu bomber yang dimiliki Amerika dengan kapasitas muatan terbesar dibandingkan semua pesawat yang ada. Memegang peran multi misi dan dapat membawa serta mengirimkan senjata presisi dan non presisi dalam jumlah yang besar.

b-2

B-2 Spirit

Bomber siluman yang mampu membawa amunisi konvensional dan nuklir. Pesawat ini mampu melakukan misi jarak sangat jauh.

b-52B-52 Stratofortress

Bomber berat jarak jauh yang mampu berpartisipasi dan menyelesaikan berbagai set misi. Selama konflik, B-52 dapat memberikan dukungan udara jarak dekat, serangan strategis dan kontra udara serta operasi maritim.

ac-130 jC-130 Hercules

Misi utamanya untuk airlift guna membawa peralatan dan personel. Pesawat sangat efektif karena mampu beroperasi dari landasan kasar, mampu memindahkan beban besar, dan badan pesawat dapat dimodifikasi menjadi berbagai pesawat seperti AC-130U dan WC-130 Hercules.

NEXT