Tips Penerbangan, Biar Nggak Ndeso…

Banyak orang yang tidak bisa melupakan penerbangan pertama mereka, karena jelas itu pengalaman yang paling menakjubkan. Berikut ini tips yang bisa diikuti agar terbang menjadi lebih nyaman. Yang penting, ikuti aturan baik yang tertulis maupun yang disampaikan petugas di bandara. Jangan sampai, seperti ibu-ibu yang baru saja diberitakan menampar petugas bandara, karena tidak mau ikut aturan. Tindakan itu sungguh ndeso sekali…

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika akan terbang:

  1. Pesan tiket Anda

Jika Anda telah memutuskan untuk bepergian menggunakan pesawat terbang, yang pertama dilakukan tentu adalah mencari tiket. Anda bisa membeli di biro perjalanan ataupun secara online. Anda harus memastikan, tiket tersedia di hari yang direncanakan. Di beberapa maskapai, Anda bisa memilih nomor tempat duduk secara online. Ada juga yang melayani ini hanya di bandara ketika check in. Saran yang terbaik adalah beli tiket sedini mungkin. Ini memiliki 2 manfaat: pertama Anda memiliki kesempatan lebih baik untuk mendapatkan tiket dan kedua Anda mungkin mendapatkan diskon atau tiket dengan biaya rendah.

2. Bersiap untuk penerbangan

Sebelum Anda pergi ke bandara, pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan (Dokumen Perjalanan, VISA, surat undangan …), untuk penerbangan domestik Anda memerlukan lebih sedikit dokumen. Di bandara, Anda harus mematuhi peraturan dan terkadang butuh waktu. Jadi pastikan Anda memiliki cukup waktu bisa 2-3 jam sebelum penerbangan, untuk domestik 1 jam lebih awal akan lebih baik lagi. Jika Anda membawa barang bawaan, pastikan beratnya (tergantung pada maskapai penerbangan) jika melebihi maka Anda harus membayar barang bawaan (Anda bisa membayar di dalam bandara).

3. Mendaftar

Setelah Anda masuk ke dalam terminal bandara, Anda harus check in terlebih dulu. Ingat bahwa Anda hanya bisa melakukan penerbangan Anda setelah penerbangan diberitakan melayani check ini (periksa monitor atau papan di terminal). Anda harus menunjukkan tiket dan identitas Anda dengan dokumen perjalanan. Di sana Anda akan memberikan barang bawaan Anda. Petugas Check In akan memberi Anda boarding pass dan penerimaan barang bawaan.

4. Menunggu

Setelah check in Anda mungkin perlu menunggu waktu keberangkatan. Menuju ruang tunggu, Anda akan melalui pemeriksaan keamanan. Anda mungkin harus melepaskan ponsel, jaket, laptop, ikat pinggang, jam tangan dan lainnya untuk diperiksa. Ikuti saja apa yang diperintahkan petugas keamanan. Ingat, semua sudah diatur undang-undang, di negara manapun. Di Eropa, Amerika atau Australia, bahkan mungkin lebih ketat untuk penerbangan internasional. Jika Anda pergi ke luar negeri Anda harus melewati pemeriksaan imigrasi. Anda harus menunjukkan semua dokumen visa, boarding pass, paspor dan surat undangan Anda, Jika mereka menemukan sesuatu yang mencurigai mereka dapat menolak penerbangan Anda. Setelah mengikuti semua prosedur, Anda perlu menunggu naik ke pesawat terbang.

5. Di dalam penerbangan

Anda sudah menyelesaikan semua bagian yang penun aturan, sekarang tidak perlu khawatir. Duduk saja di kursi Anda, Anda memiliki nomor kursi di boarding pass Anda (beberapa pesawat kecil mungkin tidak memiliki pengaturan tempat duduk, jadi Anda bisa duduk di mana saja tapi ingat prioritas wanita dan lansia). Kru kabin akan menutup pintu saat semua penumpang berada di pesawat. Sebelum lepas landas, mereka akan melakukan demonstrasi keamanan (jangan khawatir ini adalah aturan penerbangan apapun.). Sebelum lepas landas, pasang sabuk pengaman dan mungkin akan terdengar suara bising. Anda tidak diizinkan berdiri saat menunjukkan sinyal sabuk pengaman. Begitu sampai ke ketinggian tertentu, kapten akan mematikan sinyal. Setelah itu Anda bisa pergi ke toilet, dan pramugari akan menyediakan makanan.

6. Setelah mendarat

Saat roda menyentuh landasan pacu, maka pesawat bergerak lamban. Pesawat akan membawa Anda ke terminal. Jangan berdiri sampai pesawat berhenti, Anda harus menunggu sinyal tanda sabuk dimatikan. Anda mungkin perlu bus shuttle untuk pergi ke terminal. Di penerbangan internasional, Anda akan masuk dalam otoritas imigrasi. Ikuti semua aturan tanpa kecuali. Tidak ada gunanya berdebat dengan mereka. Begitu keluar, antrilah di jalur pengambilan bagasi.

Ingat!!! Ikuti aturan dan petunjuk lisan petugas bandara. Antri jika memang harus. Jangan ndesoooo…