Cathay Dragon Borong 32 Airbus A321neo

    Cathay Dragon menandatangani nota kesepahaman (MOU) untuk membeli 32 pesawat Airbus A321neo. MOU yang ditandatangani Cathay Pacific Group dan Airbus di Toulouse, Prancis, bernilai sekitar 31,7 miliar dollar HK. Ini merupakan bagian dari upaya Cathay Pacific untuk menyegarkan armada mereka menghadapi persaingan maskapai low budget yang makin ganas menjelang 2020.

    Pesawat baru, yang dijadwalkan akan dikirim antara 2020 dan 2023, dimaksudkan untuk menggantikan armada single aisle Cathay Dragon yang kini memiliki 23 pesawat jenis ini. Dari jumlah itu, sebanyak 15 Airbus A320 dan 8 Airbus A321. Maskapai ini, yang juga mengoperasikan 24 pesawat berbadan lebar Airbus A330, melayani 56 destinasi di Asia, termasuk 28 kota di daratan China.

    “Cathay Dragon berkomitmen untuk menyediakan pengalaman penerbangan yang lebih baik bagi para penumpang sekaligus meningkatkan efisiensi operasinya. Kami memperkenalkan pesawat terbang baru ini ke dalam armada kami untuk memperluas jangkauan Grup Cathay Pacific ke lebih banyak pelanggan,” kata Chief Executive Officer Cathay Pacific dan Cathay Dragon Chairman, Rupert Hogg.

    Dengan membeli 32 pesawat ramah lingkungan ini, akan membuat Cathay Dragon mampu menambahkan destinasi baru ke jaringannya. Maskapai ini juga ingin meningkatkan frekuensi pada beberapa rute terpopuler untuk memberi lebih banyak pilihan dan kenyamanan perjalanan kepada pelanggannya.

    Setelah berfokus pada modernisasi dan perluasan armada jarak jauh Cathay Pacific akhir-akhir ini, langkah pembelian pesawat baru ini adalah langkah progresif Cathay Dragon. Tahun lalu, mereka menggelar program re-branding untuk meningkatkan pelayanan bagi penumpangnya.

    “Investasi besar yang kami buat di pesawat baru, menggarisbawahi kepercayaan kami terhadap masa depan Cathay Pacific Group, serta komitmen kami untuk memperkuat posisi Hong Kong sebagai pusat penerbangan internasional terbesar di Asia saat kami membawa konektivitas baru ke dan dari home base kami,” tambah Hogg.

    Sementara bagi Airbus, pembelian ini meneguhkan komitmen mereka mendukung ekspansi Cathay Dragon “Ini adalah dukungan utama A321neo sebagai pesawat pilihan utama untuk maskapai penerbangan di segmen middle of the market. A321neo menawarkan biaya operasi serendah mungkin, kemampuan jangkauan terpanjang dan kabin paling luas di kelasnya. Ini akan menjadi pesawat yang sempurna untuk Cathay Dragon dalam membangun kesuksesannya sebagai salah satu maskapai regional terkemuka di Asia,” ujar John Leahy, Chief Operating Officer Airbus.

    Menurut spesifikasi desain, Airbus, A321neo memiliki kapasitas tempat duduk hingga 240 penumpang dan memiliki jangkauan hingga 7.400 km. Jika sudah jadi nanti, pesawat kiriman ini akan menampilkan kabin terbaru Cathay Dragon, dengan tempat duduk dan pilihan hiburan dalam pesawat.